Antrian Jemaah Haji Bangka Belitung Sampai 13 Tahun Mendatang

Antrian keberangkatan jemaah haji kian tahun kian bertambah. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antrian keberangkatan jemaah haji hingga 13 tahun.

Antrian Jemaah Haji Bangka Belitung Sampai 13 Tahun Mendatang
Ist
Jemaah haji Babel 

BANGKAPOS.COM - Antrian keberangkatan jemaah haji kian tahun kian bertambah. Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung antrian keberangkatan jemaah haji bahkan hingga 13 tahun.

Bagi anda yang ingin menunaikan ibadah haji dianjurkan untuk mendaftarkan diri sejak masih usia muda.

Melihat kouta jemaah haji asal Babel yang setiap tahunnya hanya berkisar 1000 an jemaah. Bagi anda yang mendaftar tahun 2019 baru akan berangkat pada tahun 2032 mendatang.

"Kalau daftar tahun ini, masih harus menunggu 13 tahun lagi untuk keberangkatan. Karena antrian kita sudah cukup banyak dengan kouta yang kita dapatkan kemungkinan tahun 2030 an baru berangkat," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Babel, M. Ridwan, Jum'at (22/2/2019).

Ia menyebutkan, jemaah haji yang akan berangkat pada tahun 2019 ini merupakan jemaah haji yang mendaftar pada tahun 2011 lalu.

Ridwan mengatakan untuk Babel masih terbilang cukup tidak panjang antriannya. Pasalnya, ada beberapa provinsi yang antriannya sudah mencapai 20 tahun.

Untuk mendaftar menjadi calon jemaah haji, para pendaftar biasanya harus mengumpulkan berkas dan menyetorkan uang terlebih dahulu sebesar Rp 25 juta. Sisa pembayaran akan dilunasi menjelang tahun keberangkatan.

"Pendafatran masih Rp 25 juta, biaya haji ini kan berbeda setiap tahunnya. Tahun ini untuk Babel belum keluar berapanya, karena biasanya ditentukan dalam Kepres. Tahun lalu untuk Babel Rp 34 juta," katanya.

Ia menyarankan, agar masayarakat mendaftarkan diri di usia yang masih muda, hal ini agar memudahkan jemaah agar dari sisi kesehatan fisik masih betul-betul prima. (BANGKAPOS/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved