Desa Pusuk Fokus Kembangkan Pariwisata Hutan Mangrove dan Pulau

Desa Pusuk Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat Fokus Kembangkan Pariwisata Hutan Mangrove dan Pulau.

Desa Pusuk Fokus Kembangkan Pariwisata Hutan Mangrove dan Pulau
Dok. Pemdes Pusuk
Perangkat Desa Pusuk Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat. 

BANGKAPOS.COM - Desa Pusuk, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat berencana mengelola sektor pariwisata di desanya mulai tahun ini. Di antara potensinya adalah hutan mangrove dan pulau.

Tujuannya sebagai upaya alternatif perkembangan desa, selain itu memajukan BUMDes dan perekonomian masyarakat.

"Saya terinspirasi dari pengelolaan hutan mangrove di Bangka Tengah, saya lihat-lihat di internet, saya pikir ini penting dan harus dikembangkan, apalagi kami memiliki potensi tersebut," ujar Kades Pusuk, Lizan.

Lizan menerangkan, usaha untuk memulai hal tersebut telah dilakukan pihaknya, mulai dari mencari kejelasan status hutan hingga rencana yang akan berjalan.

Dia pun meminta dukungan semua pihak untuk melancarkannya, terutama untuk regulasi hingga aturan pengelolaan agar tidak berbenturan dengan hukum.

"Kami sudah bangun rumah singgah, ada juga rumah untuk bersantai hingga kuliner, panggung permanen. Kedepan akan dibangun tempat menarik lainnya, kalau untuk mangrove itu luasnya sekitar 10 hektare (Ha)," bebernya.

"Disitu juga ada dermaga yang biasa digunakan untuk melaut. Dari dermaga tersebut bisa juga digunakan wisatawan ke Pulau Nanas dan Babiri yang jaraknya sekitar dua kilometer, ada juga pemancing, budidaya kepiting dan sebagainya," lanjut Lizan.

Hal tersebut merupakan satu di antara rencana pengembangan potensi yang ada di desanya tahun 2019 ini. Selain itu akan pemberdayaan dan pembangunan infrastruktur.

Untuk mendukung sektor unggulan di desanya yakni pertanian dan perkebunan serta nelayan, akan dibangun jalan pertanian juga alat bantu bagi nelayan.

Pertemuan perangkat desa di Desa Pusuk
Pertemuan perangkat desa di Desa Pusuk (Dok. Pemdes Pusuk)

Pihaknya juga berencana akan mendatangkan investor untuk mendukung perkebunan ini, yakni menanam ubi kasesa, tujuannya agar petani merasa yakin dan menambah penghasilan mereka.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved