Begini Kata Orang Makassar Sekali Nyicip Lempah Kuning Khas Bangka

Meski berbeda nama, yang pasti hidangan satu ini begitu sedap hingga sangat digemari para pelancong dari luar pulau bangka maupun masyarakat lokal

Begini Kata Orang Makassar Sekali Nyicip Lempah Kuning Khas Bangka
Bangkapos/Yuranda
Sajian lezat lempah kuning di Waong Urang Bangkek 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Masyarakat Pulau Belitung menyebut hidangan ikan kuah kuning ini dengan nama "gangan ketarap", sedangkan masyarakat Pulau Bangka menyebut hidangan yang sama dengan lempah kuning.

Meski berbeda nama, yang pasti hidangan satu ini begitu sedap hingga sangat digemari para pelancong dari luar pulau bangka maupun masyarakat lokal bangka sendiri.

Jimmy(35) satu di antara pelancong dari Makassar saat dijumpai bangkapos.com di RM. Worang Bangka mengatakan, ia penasaran waktu teman-temannya bercerita tentang kuliner yang ada di Bangka Belitung ini.

"Teman-teman saya cerita tentang makanan khas bangka belitung ini, bentuk ya aneh si dengan warnanya kuning pekat," katanya, Sabtu (22/2/2019).

Dapur Lempah Hadirkan Menu Baru, Kasih Promo Buy 1 Get 1 Free!

Jimmy melanjutkan dia awalnya tidak suka dikarenakan warnanya aneh namun sekali mencicipi ia malahan ketagihan.

Meski mengaku kepedasan saat menyantapnya, namun Jimmy tak kapok. Dirinya memaklumi mungkin masyarakat di Bangka memang menyukai rasa pedas. Sehingga ini menjadi ciri khas.

Sejak itu ia sangat menyukai masakan yang satu ini, hingga tiap kali ke Bangka Belitung tidak lupa untuk makan lempah kuning.

"Saya sudah tiga kali ke bangka belitung, dua kali ke Belitung dan satu kali ke Bangka, untuk ke empat kalinya ke bangka lagi," ungkapnya.

Kuliner Bangka - Pantiaw, Mie Beras Khas Bangka yang Sedap di Santap Saat Sarapan

Selain lempah kuning, menu rusip, lempah darat dan panganan seperti martabak dan otak-otak sangat disukai Jimmy.

Dirinya kagum dengan bangka belitung selain wisata yang indah kulinernya juga tidak kalah dengan daerah yang pernah dikunjungi olehnya.

"Kuliner di sini idetik dengan rasanya pedas serta lezat. Saya sanggat suka dengan bangka belitung ini, makanannya enak, wisatanya bagus, dan orangnya pun ramah luar biasa," ujar Jimmy

Ini Rekomendasi Kuliner Mie yang Wajib Dicicipi Ketika Berkunjung ke Pangkalpinang

Sudah hampir satu bulan, pria bertumbuh kekar ini menetap di babel, ia pun berencana untuk pulang ke kampung halamannya sekitar satu dua hari kedepan.

Tak lupa, sebelum pulang Jimmy telah memesan oleh-oleh khas Bangka seperti terasi, rusip, kericu, dan lain-lain.

"Untuk oleh-oleh saya sudah pesan seperti terasi, rusip, kericu dan lainnya," tutupnya.

(Bangkapos/Yuranda/R6)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved