Berita Pangkalpinang

Jajaran Polres Pangkalpinang Tes Psikologi Kepemilikan Senpi

Ratusan anggota Polres Pangkalpinang yang membawa senjata api (senpi) menjalani tes psikologi

Jajaran Polres Pangkalpinang Tes Psikologi Kepemilikan Senpi
Bangkapos/irakurniati
Personel polres Pangkalpinang ikuti tes psikologis, Senin (25/2/2019) di aula Anton Sudjarwo mapolres. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ratusan anggota Polres Pangkalpinang yang membawa senjata api (senpi) menjalani tes psikologi di aula Anton Sudjarwo mapolres setempat, Senin (25/2/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan Polres Pangkalpinang bersama bagian biro SDM Polda Bangka belitung, dilakukan sebagai satu di antara persyaratan untuk permohonan pemegang senpi.

Kabag psikologi biro SDM Polda Babel, Kompol Endang Mustikawati, menuturkan, tes psikologi ini merupakan kegiatan rutin berkala yang dilakukan untuk anggota Polri.

Tes psikologi juga dilakukan untuk mencegah adanya penggunaan senpi yang tidak sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

"Dengan tes psikologis ini salah satu syarat anggota untuk bisa memegang senpi. Kalau tidak lulus tidak bisa lanjut ke tes berikutnya. Kan masih ada tes lainnya," kata Kompol Endang.

Endang mengatakan, personel Polri yang dinyatakan tidak lolos tes psikologi ini, maka akan mengikuti pengulangan tes dienam bulan berikutnya. Selain tes psikologi, dibuka juga pelayanan konseling bagi personel yang ingin mencurahkan permasalahan, baik itu mengenai permasalahan kerja maupun pribadi.

"Membantu kalau anggota ada masalah. Akan dibantu mencari solusi, secara klasikal untuk membantu anggota. mungkin kan tidak semua yang ikut konseling ini. Kalau ada yang meminta pelayanan konseling," tutup Endang

Sementara, Wakapolres Pangkalpinang, Kompol Nursamsi, mengatakan, tes psikologi diikuti 138 personel jajaran. Diikuti semua satuan kerja terutama yang rasional memegang senpi. Termasuk bagi kasat, kapolsek maupun jajaran lain.

"Setiap setahun sekali secara berkala memang sudah ada dalam kegiatan di Polres Pangkalpinang," kata Nursamsi.

(Bangkapos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved