Ahmadi Sopyan Ingin Muatan Lokal Kembali Diajarkan di Sekolah

Ahmadi Sopyan menginginkan muatan lokal seperti budaya, bahasa dan adat istiadat daerah diajarkan kembali di sekolah.

Ahmadi Sopyan Ingin Muatan Lokal Kembali Diajarkan di Sekolah
Bangka Pos
Ahmadi Sopyan Ingin Muatan Lokal Kembali Diajarkan di Sekolah 

BANGKAPOS.COM -- Tokoh pemuda Bangka Belitung (Babel), Ahmadi Sopyan menginginkan muatan lokal seperti budaya, bahasa dan adat istiadat daerah diajarkan kembali di sekolah. Hal ini merupakan upaya penguatan kebangsaan dan kedaerahan masyarakat sejak dini.

Ia menuturkan, keaneka ragaman nilai-nilai bahasa daerah di Indonesia memiliki nilai yang mesti ditanamkan serta diajarkan sejak usia dini.

"Setiap bahasa daerah di Indonesia memiliki nilai dan filosofi yang penuh kesopanan dan tata krama. Hal ini harus diajarkan sejak anak-anak dan bahasa daerah memiliki tingkatannya masing-masing," kata Ahmadi Sopyan saat ditemui di Pangkalpinang.

Ahmadi Sopyan yang maju mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Babel ini menyampaikan bahwa setiap bahasa daerah merupakan refleksi dari setiap ragam kebudayaan yang lahir di lingkup masyarakat. Maka dari itu, Ahmadi berkomitmen untuk mendorong setiap generasi muda bisa menonjolkan identitas dan karakter daerahnya melalui tutur bahasa.

"Kita berharap bahasa-bahasa daerah ini, yang juga adalah bahasa ibu, harus benar-benar diajarkan kepada generasi muda. Jangan sampai generasi muda itu tidak mau menggunakan bahasa daerahnya," ujarnya.

Pemuda yang karib disapa Atok Kulop ini juga mengatakan bahasa tutur daerah yang memiliki nilai-nilai kebudayaan mesti mencerminkan tata krama serta kesantunan yang terkandung di dalamnya. Maka dari itu, pemberian edukasi lewat berbagai media literasi diyakini dapat mendidik anak-anak untuk menggunakan tutur bahasa yang lebih menjunjung esensi tata krama serta kesopanan.

"Buku bacaan terutama untuk anak-anak itu harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan. Generasi muda ini harus dipupuk penggunaan bahasa yang penuh kesopanan dan mencerminkan tata krama," pungkas Ahmadi Sopyan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved