Ditemukan Cadangan Gas Terbesar ke-4 di Dunia, APBD Kabupaten Ini Bisa Capai Rp 7 Triliun

Temuan cadangan gas baru diprediksi mampu meningkatkan produksi hingga dua kali lipat

Ditemukan Cadangan Gas Terbesar ke-4 di Dunia, APBD Kabupaten Ini Bisa Capai Rp 7 Triliun
ISTIMEWA/HUMAS SKK MIGAS SUMBAGSEL
Sumur Kaliberau Dalam (KBD) 2X di Blok Sakakemang, Desa Tampang Baru, Kecamatan Bayung Lencir, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan diperkirakan baru bisa melakukan produksi sekitar 15 tahun kedepan. 

BANGKAPOS.COM  - Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan (Sumsel), diperkirakan tembus Rp 7 triliun dalam 10-15 tahun ke depan.

Perhitungan ini keluar setelah ditemukannya cadangan gas terbesar nomor empat di dunia di blok Sakakemang, Desa Tampang Baru, Kecamatan Bayung Lencir, oleh Repsol SA, perusahaan energi asal Spanyol.

Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, jika Blok Sakakemang mulai beroperasi, hal itu tentu dapat membantu pembangunan infrastrukur di wilayah tersebut.

Sebab, setelah kontrak antara pemerintah dan Repsol dilakukan, akan ada hitungan bagi hasil ke Pemkab Muba.

Menurut Dodi, biasanya pembagian pusat dan daerah itu 70:30 persen.

Artinya, daerah akan mendapatkan 30 persen pemasukan dari kegiatan produksi gas oleh Repsol.

Dari jumlah itu dibagi lagi 12 persen untuk Muba, 6 persen Pemprov, dan sisanya dibagi ke sejumlah kabupaten/kota lain yang ada di Sumsel.

"APBD Muba juga diprediksi mendapat Rp 6-7 triliun jika blok migas tersebut sudah beroperasi,” kata Dodi, Senin (25/2/2019) Dodi melanjutkan, sumur gas di Blok Sakakemang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan beberapa sektor.

Salah satu contohnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Bayung Lencir.

PLTG tersebut akan bisa mengatasi kekurangan pasokan listrik di daerah itu.

"Lalu pemanfaatan jaringan gas baru di Bayung Lencir dan Sungai Lilin dapat menambah pemasukan ke kas daerah," ujarnya.

Selain itu, Blok Sakakemang nanti dapat menyerap tenaga kerja lokal asli daerah dari Kabupaten Muba untuk mengurangi angka penangguran serta kemiskinan di Kabupaten tersebut.

"Yang terpenting, saya akan minta jajaran direksi Respsol untuk semaksimal mungkin menyerap tenaga kerja lokal,” ujarnya. Kabupaten Muba tercatat memproduksi gas sekitar 220.000 MMCFD.

Temuan cadangan gas baru di Blok Sakakemang, khususnya sumur Kali Berau Dalam (KBD) 2X tersebut, diprediksi mampu meningkatkan produksi hingga dua kali lipat. (Kompas.com/Aji YK Putra)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ada Cadangan Gas Terbesar Ke-4 di Dunia, APBD Muba Bisa Tembus Rp 7 Triliun"

 
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: TribunWow.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved