Berita Pangkalpinang

Posting Dukungan Capres di Facebook, Nasib AY Kini Tergantung Komisi ASN

Postingan AY ini mendukung salah satu paslon secara terbuka maupun di media sosial. Padahal ASN sudah diatur untuk bersikap netral.

Posting Dukungan Capres di Facebook, Nasib AY Kini Tergantung Komisi ASN
blogspot
Ilustrasi 

BANGKAPOS.COM – Seorang aparatur sipil negara (ASN) biro ekonomi Pemprov Bangka Belitung, AY dinyatakan bersalah oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Babel.

Postingannya terkait dukungan ke salah satu paslon capres di Pemilu 2019, dinilai oleh Bawaslu bagian dari kampanye dan sikap tidak netral.

“Dari hasil kajian hukum kita dan keputusan rapat pleno kita simpulkan bahwa AY ada unsur pelanggaran pemilu. Dari hasil kesimpulan, kita rekomendasikan ke Komisi ASN melalui Bawaslu RI,” kata Jafri, Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Bawaslu Babel, Selasa (26/2/2019).

Jafri mengatakan untuk memberikan sanksi bukan ranah dari Bawaslu. Pemberian sanksi kepada ASN yang tidak netral, terlibat dalam politik diserahkan langsung kepada Komisi ASN.

“Kita tidak memberikan sanksi. Kita hanya memberikan kesimpulan saja. Karena kesimpulan kita ada unsur pelanggarannya, sanksi tergantung dari Komisi ASN,” kata Jafri.

Kasus AY ini merupakan temuan dari Bawaslu Babel di media sosial. Postingan AY ini mendukung salah satu paslon secara terbuka maupun di media sosial. Padahal ASN sudah diatur untuk bersikap netral.

Selain kasus postingan di media sosial, AY ini juga menjadi saksi dalam kasus dua jari bersama Gubernur Babel dan ASN lainnya di acara penanaman pohon Dinas Kehutanan. Namun dalam kasus ini tidak ditemukan adanya pelanggaran. (Wartawan Bangka Pos / Hendra)
 

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved