Tren Kecelakaan Lalu Lintas di Pangkalpinang Menurun Diawal Tahun 2019

Unit kecelakaan satuan lalu lintas mencatat hanya satu laporan kecelakaan yang masuk selama Januari hingga saat ini.

Tren Kecelakaan Lalu Lintas di Pangkalpinang Menurun Diawal Tahun 2019
Bangkapos/irakurniati
Kanit laka satlantas Polres Pangkalpinang, Ipda Komang Ayu 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tren kecelakaan lalu lintas di wilayah hukum Polres Pangkalpinang menurun diawal tahun 2019. Unit kecelakaan satuan lalu lintas mencatat hanya satu laporan kecelakaan yang masuk selama Januari hingga saat ini.

Kepala unit laka satlantas Polres Pangkalpinang, Ipda Komang Ayu, menuturkan, hanya satu laporan kecelakaan lalu lintas yang masuk, meskipun ada beberapa kasus kecelakaan, seperti kecelakaan tunggal maupun tabrakan, namun kasus-kasus tersebut tidak masuk dalam laporan polisi. Lantaran kedua belah pihak yang terlibat kecelakaan ringan ini sudah menyelesaikan melalui jalur diversi maupun mediasi.

"Sebenarnya ada yang terserempet atau ditabrak, cuma kedua belah pihak sepakat lakukan mediasi dan kami di sini sebagai fasilitator mereka. Yang dimasukkan dalam pelaporan ini, jika kecelakaan ada korban parah dan ditanggung jasa raharja. Kemudian itu juga kembali kepada dua belah pihak yang terlibat." jelas Komang, Selasa (26/2/2019).

"Tergantung yang dari pihak korban atau tersangka mau melapor atau tidak. Biasanya mereka yang tidak mau diangkat laporan ini, hanya membayar masing-masing kerugian materil," tambahnya.

Kecelakaan lalu lintas yang umumnya terjadi di wilayah hukum Polres Pangkalpinang, lantaran pengguna jalan kerap memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi. Selain itu, kondisi jalanan yang kurang penerangan sering menjadi alasan terjadi nya kecelakaan ini.

Komang menuturkan, dibandingkan tahun 2018, angka kecelakaan lalu lintas sebanyak 52 laporan. Dengan jumlah pengendara meninggal dunia sebanyak 32 korban. 30 orang alami luka berat dan 12 orang mengalami luka ringan. Sedangkan jumlah kerugian materil ditotalkan sebesar Rp 183 juta.

(Bangkapos/Ira Kurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved