VIDEO: Mulkan Ingatkan Masyarakat Jangan Jadikan Sampah Sebagai Musuh

Bupati Bangka Mulkan mengajak semua stakeholder meningkatkan kebersihan dalam penanganan sampah.

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bupati Bangka Mulkan mengajak semua stakeholder meningkatkan kebersihan dalam penanganan sampah. 

Dia minta agar sampah bisa dimanfaatkan dan didaur ulang menjadi barang ekonomi kreatif rumah tangga.

"Jangan jadikan sampah musuh kita jadilah sampah sahabat kita, kawan kita. Itu yang kami inginkan.

Jadi sampah itu bukan menjijikan bagi kita, bukan musuh kita tapi jadikanlah sahabat kita. Ketika kita jadikan sampah sahabat kita otomatis kesadaran kita untuk membuang sampah sembarangan tidak ada lagi," pesan Mulkan Bupati Bangka Mulkan saat puncak peringatan Hari Peduli Sampah Nasional 2019, Selasa (26/2/2019) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kelurahan Kenanga.

Dikatakannya, bahwa sampah memiliki nilai lebih atau nilai plus tetapi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di Kabupaten Bangka belum mengelola sampah secara baik.

"Kami nanti minta kepada dinsospendes berdayakan dan dinas lingkungan hidup perbanyak TPS 3R untuk program 2020 dan bank sampahnya. Kita berdayakan bank sampah dari tingkat pedesaan sampai perkotaan.

Di Kelurahan Sungailiat sudah mengelola sampah sudah ada TPS 3R dan bank sampah," ungkap Mulkan.

Dia juga meminta PKK Kabupaten Bangka dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Bangka membudayakan pengelolaan sampah.

"Jangan sampai OPD buang sampah sembarangan dan lebih pro aktif dalam penanganan sampah," ingat Mulkan.

Oleh karena itulah, Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung kebijakan pemerintah pusat yang mencanangkan target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan 70 persen di tahun 2025.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved