Ahmadi Sopyan Usulkan Babel Kembangkan Wisata Berbasis Budaya dan Sejarah

Tokoh pemuda Bangka Belitung (Babel), Ahmadi Sopyan mengusulkan adanya pengembangan destinasi wisata berbasis budaya dan sejarah.

Ahmadi Sopyan Usulkan Babel Kembangkan Wisata Berbasis Budaya dan Sejarah
Bangka Pos
Ahmadi Sopyan Usulkan Babel Kembangkan Wisata Berbasis Budaya dan Sejarah 

BANGKAPOS.COM -- Tokoh pemuda Bangka Belitung (Babel), Ahmadi Sopyan mengusulkan adanya pengembangan destinasi wisata berbasis budaya dan sejarah. Babel memiliki ragam budaya dan sejarah yang bisa dijadikan komoditas wisata.

Dia mengatakan, pariwisata masih butuh sentuhan nilai budaya dan sejarah agar lebih bernilai. Pariwisata dengan setuhan nilai kebudayaan diyakini bisa menambah nilai jual serta penguatan karakter daerah.

"Wisata itu akan berkarakter ketika berbalut budaya lokal. Padahal wisatawan datang bukan hanya untuk melihat pantai, bukan hanya untuk mencicipi makanan, tapi juga menikmati budaya, kawasan wisata sejarah serta kehidupan masyarakatnya," kata Ahmadi Sopyan saat ditemui di Pangkalpinang.

Ahmadi Sopyan yang mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI Dapil Babel ini juga menyampaikan agar menjadi destinasi wisata yang menarik kawasan cagar budaya dan sejarah mesti dilakukan pemugaran dan perawatan. Dia meminta peran pemerintah juga harus memberikan fasilitas, sarana, dan prasarana guna kenyamanan para pengunjung.

"Sarana dan prasarana yang diperlukan wisatawan menuju destinasi wisata yang nyaman dan aman. Fasilitas pendukung juga mesti diberikan, seperti sarana akomodasi penginapan, rest area, sarana ibadah, dan lain-lainnya," jelasnya.

Salah satu wisudawan terbaik IIKIP Budi Utomo Malang ini melanjutkan bahwa generasi muda lokal juga harus dilibatkan dalam mengembangkan pariwisata. Sentuhan inovasi baru para generasi muda dinilainya dapat menumbuhkan ekonomi kretaif yang bernilai ekonomi.

"Ini harus dimanfaatkan untuk anak-anak muda agar mereka bisa berkreasi. Dari kreasi itu bisa memberika mereka penghasilan sendiri," pungkas Ahmadi Sopyan.

Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved