Advertorial

Harga TBS Sawit Naik, DPRD Apresiasi Kinerja Kapolda Babel

DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Polda Babel dan perwakilan petani sawit, Jumat (1/3).

Harga TBS Sawit Naik, DPRD Apresiasi Kinerja Kapolda Babel
Bangka Pos
DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Polda Babel dan perwakilan petani sawit, Jumat (1/3/2019). 

BANGKAPOS.COM - DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar Rapat Dengar Pendapat dengan Polda Babel dan perwakilan petani sawit, Jumat (1/3/2019).

Rapat dipimpin langsung Ketua DPRD Babel, Didit Srigusjaya. Hadir langsung Kapolda Babel, Brigjen Istiono dan jajaran, perwakilan petani sawit di Pulau Bangka dan instansi terkait lainnya.

Didit mengatakan untuk mengatasi rendahnya harga TBS (Tandan Buah Segar), DPRD Babel telah melakukan berbagai cara. Melakukan pertemuan dengan pengusaha, petani bahkan hingga ke kementerian.

"Kita juga pusing harga waktu itu tidak selesai-selesai. Setelah shalat saya ingat dengan Kapolda, ternyata beliau merespon," kata Didit Srigusjaya.

Kapolda Babel beserta jajaran langsung mengambil tindakan untuk menaikkan harga TBS. Memanggil pengusaha pabrik kelapa sawit hingga memangkas distribusi perdagangan TBS petani sawit.

"Dampaknya luar biasa. Harga naik signifikan. Saya dihubungi beberapa petani harga sudah naik. Ada yang sudah Rp 1.000 per kilogram hingga ada yang sampai Rp 1.400 per kilogram," kata Didit.

Harga TBS mulai membaik ini harus terus dijaga. Jangan sampai kenaikan hanya sesaat saja. Karenanya DPRD Babel meminta agar Polda Babel terus mengambil langkah-langkah dalam menstabilkan harga TBS.

Memutuskan mata rantai perdagangan TBS yakni menindak permainan DO (delivery order) TBS dari pabrik.

Kedepan praktik yang merugikan petani ini akan terus ditindak agar harga TBS lebih tinggi dan terus stabil.

Sementara Pemerintah Provinsi Babel juga harus membuat program konkrit untuk membantu petani dalam menstabilkan harga TBS.

Halaman
1234
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved