Eko Wijaya Ingin Masalah Banjir di Babel Segera Teratasi

Intensitas hujan yang cukup tinggi dan berkurangnya daerah resapan air membuat sejumlah daerah di Bangka Belitung terkena banjir.

Eko Wijaya Ingin Masalah Banjir di Babel Segera Teratasi
Dokumen Bangka Pos
Anggota Komisi VII DPR RI, Dapil Bangka Belitung, Eko Wijaya 

BANGKAPOS.COM  – Intensitas hujan yang cukup tinggi dan berkurangnya daerah resapan air membuat sejumlah daerah di Bangka Belitung terkena banjir.

Menyikapi masalah banjir ini, Eko Wijaya, Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung mengajak seluruh elemen masyarakat dan stakeholder terkait untuk segera mencari akar permasalahannya.

Salah satu penyebab banjir kata Eko Wijaya akibat kurangnya daerah resapan air. Akibatnya, air hujan yang seharusnya meresap ke tanah, ditampung disungai dan mengalur kelaut melubar ke daratan.

“Inilah yang harus kita atasi bersama-sama. Seluruh stakeholder dan elemen masyarakat harus segera mengatasi permasalahan banjir ini agar tidak terus berlanjut,” kata Eko Wijaya kepada bangkapos.com, Senin (4/3/2019).

Salah satu untuk mengatasi permasalahan banjir lanjut Eko Wijaya dengan menanam pohon di daerah bekas tambang. Selain penghijauan, pentingnya keberadaan pohon ini untuk membantu meresapkan air ke tanah.

“Selama ini kita sudah cukup banyak melakukan penghijauan bersama dengan mitra di DPR RI. Kedepan kegiatan penghijauan ini akan kita tingkatkan lagi dan minta para mitra juga untuk terus melakukan penghijauan,” ujar Eko Wijaya yang juga Ketua DPD Partai Demokrat Babel.

Eko Wijaya juga terus mendorong agar BUMN aktif untuk melakukan penghijauan. Selain untuk mengatasi banjir, dengan melakukan penghijauan juga untuk mengatasi permasalahan global.

Apalagi provinsi Bangka Belitung merupakan daerah kepulauan. Perubahan cuaca tak menentu dan efek pemanasan global sangat terasa.

“Kita tidak mau menyengsarakan masyarakat kita di Bangka Belitung. Akibat banjir ini sudah sangat merugikan kita. Aktivitas masyarakat di Bangka Belitung tergangggu. Infrastruktur pendukung rusak hanya karena banjir ini,” kata Eko Wijaya.

Karenanya dia mengharapkan seluruh stakeholder terkait, elemen masyarakat untuk turut serta mengatasi permasalahan banjir di Bangka Belitung.

“Karenanya kita harus mengantisipasi dari awal. Libatkan seluruh stakeholder dan seluruh elemen masyarakat. Jangan dibiarkan begitu saja,” pungkas Eko Wijaya.

Penulis: Hendra
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved