Berita Sungailiat

231 Calhaj Ikut Tes Kebugaran yang Digelar Dinkes Bangka

Tes kebugaran bagi calhaj tersebut diikuti pria sebanyak 102 orang dan perempuan sebanyak 129 orang.

231 Calhaj Ikut Tes Kebugaran yang Digelar Dinkes Bangka
(ist/dinkes bangka)
Tes kebugaran untuk jamaah calon haji (calhaj) di Kabupaten Bangka Tahun 2019, yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Selasa (5/3/2019) yang diikuti 231 jamaah di Lapangan Bina Satria Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka menggelar tes
kebugaran untuk jamaah calon haji (calhaj) di Kabupaten Bangka Tahun 2019, Selasa (5/3/2019) yang diikuti 231 jamaah di Lapangan Bina Satria Sungailiat.

Tes kebugaran bagi calhaj tersebut diikuti pria sebanyak 102 orang dan perempuan sebanyak 129 orang.

Kegiatan tersebut berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Disparpora Kabupaten Bangka dan Kementerian Agama Kabupaten Bangka.

Menurut Kasi Promkes, UKBM, Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinkes Kabupaten Bangka Susila Wati, tes kebugaran tersebut dilakukan dengan dua metode.

Pertama, tes metode rockport untuk jamaah yang lulus Par Q Test yaitu tes tingkat kesehatan jamaah dan kedua tes jalan enam menit untuk jamaah yg mempunyai masalah kesehatan seperti hipertensi, jantung dan penyakit lainnya.

"Untuk tes rockport dihitung dengan cara menghitung waktu tempuh yg dibutuhkan jamaah untuk melewati lintasan sejauh 1,6 kilometer," kata Susila Wati kepada bangkapos.com di Stadion Bina Satria Sungailiat.

Sedangkan, tes jalan enam menit dilakukan dengan cara menghitung jarak yang mampu ditempuh jamaah selama enam menit.

Menurutnya, hasil tes secara keseluruhan adalah untuk mengukur kadar VO2 Max jamaah yang hasilnya untuk mengetahui tingkat kebugaran jantung-paru jamaah apakah termasuk pada katagori baik sekali, baik, cukup, kurang atau kurang sekali.

Menurut Susila Wati, hasilnya akan dituangkan dalam kartu menuju bugar (KMB) sebagai acuan untuk pembinaan kesehatan calon jamaah haji selanjutnya.

"Harapannya kami calon jamaah dapat melakukan ibadah dengan kondisi yang fit dan bugar," harap Susila Wati.

(BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved