Bawaslu Babar Beri Pendidikan ke Pemilih Pemula Melalui Sekolah Demokrasi

Target kami menjalankan amanah UUD, yakni pasal 104 yaitu melakukan pengembangan pengawasan

Bawaslu Babar Beri Pendidikan ke Pemilih Pemula Melalui Sekolah Demokrasi
Istimewa
Bawaslu Kabupaten Bangka Barat launcing sekolah demokrasi di Rumah Kebun, Muntok, Kabupaten Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Bawaslu Kabupaten Bangka Barat ajak generasi muda agar lebih memahami dunia politik melalui sekolah demokrasi.

Ketua Bawaslu Babar Rio Febri Pahlevi menyampaikan, sekolah demokrasi merupakan cikal bakal dari program Bawaslu RI untuk sejuta relawan.

" Target kami menjalankan amanah UUD, yakni pasal 104 yaitu melakukan pengembangan pengawasan partisipatif, nanti akan bermuara ke program sejuta relawan untuk demokrasi,

jadi dari Bawaslu RI ada program sejuta relawan, jadi kami menggaet partisipasi masyarakat dalam hal ini pemilih pemula untuk berperan aktif dalam melakulan pengawasan terhadap pemilu," ungkap Rio kepada awak media, Rabu (6/3/2019).

Pihaknyapun bekerjasama dengan dua institusi dalam menjalankan program ini, yakni Kejari dan Polres Bangka Barat, keduanya akan menerangkan fungsinya tentang hukum.

" Diharapkan ke depan ini bisa jadi ektrakulikuler tentang demokrasi di sekolah, kedepan kami akan update ini supaya berkelanjutan, seperti apa manfaatkan dan kejasama dengan Dispora masuk di kemah karya pemuda menyasar juga ke kawan-kawan karang taruna," jelasnya.

Sementara ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Edi Irawan mengungkapkan, pihaknya memberi keleluasaan kepada kabupaten kota untuk bekerjasama dengan siapapun dalam membuat program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat pemilih.

Tujuannya untuk memberikan pemahaman tentang politik, kepemiluan yang akan dilaksanakan bulan April nanti.

" Mudah-mudahan program ini menjadi sebuah wadah sarana untuk memberikan pendidikan politik terkait dengan demokrasi di Indonesia kepada masyarakat dan khusnya generasi milenial atau pemilih pemula," ungkap Edi (*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved