Berita Sungailiat

Jembatan Amblas Akibat Banjir di Sungailiat Belum Diperbaiki, Warga Bikin Jembatan Darurat

Jembatan yang menghubungkan Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat dengan Lingkungan Air Pengabis Desa Karya Makmur belum diperbaiki.

Jembatan Amblas Akibat Banjir di Sungailiat Belum Diperbaiki, Warga Bikin Jembatan Darurat
bangkapos/edwardi
Jembatan penghubung Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat dengan Lingkungan Air Pengabis Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali putus atau amblas akibat arus air hingga kini belum diperbaiki. Hanya ada jembatan darurat yang bisa dilewati pejalan kaki dan pengendara sepeda motor. 

BANGKAPOS.COM  -- Jembatan yang menghubungkan Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat dengan Lingkungan Air Pengabis Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang amblas terbawa arus air sampai saat ini belum diperbaiki.

Hanya saja di lokasi jembatan sudah dibuat jembatan darurat yang dibuat dari papan kayu tebal yang disusun sekitar 6 keping papan, sehingga bisa dilalui pejalan kaki dan kendaraan roda dua saja.

Selain itu di sekeliling lokasi jembatan amblas juga sudah dibuat pagar sebagai tanda untuk pengamanan pengendara.

Ketua RT 1 Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat, Lie Jin Hie mengatakan saat ini sudah dibuat jembatan darurat dari susun papan tebal sehingga warga yang berjalan kaki dan naik sepeda motor bisa melewati jalan ini.

"Lumayan lah pak sudah ada jembatan darurat jadi warga sudah bisa lewat sini," kata Lie Jin Hie yang ditemui Bangkapos.com saat sedang mengukur lebar jembatan darurat dengan meteran, Rabu (06/03/2019).

Jembatan penghubung Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat dengan Lingkungan Air Pengabis Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali putus atau amblas akibat arus air hingga kini belum diperbaiki. Hanya ada jembatan darurat yang bisa dilewati pejalan kaki dan pengendara sepeda motor.
Jembatan penghubung Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat dengan Lingkungan Air Pengabis Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali putus atau amblas akibat arus air hingga kini belum diperbaiki. Hanya ada jembatan darurat yang bisa dilewati pejalan kaki dan pengendara sepeda motor. (bangkapos/edwardi)

Diungkapkannya, penyebab jembatan ini amblas karena pondasi jembatan suda h sejak lama posisinya menggantung, karena tanah tempat tumpuan pondasi jembatan tergerus air.

"Karena terus tergerus air, tanah pondasi jembatan terbawa air sehingga pondasi jembatan menggantung dan lama kelamaan plat dekker jembatan tak kuat lagi menahan beban jembatan lalu ambruk saat arus air kuat," jelasnya.

Lie berharap Pemkab Bangka melalui Dinas PU bisa segera memperbaiki jembatan ini sehingga kendaraan mobil juga bisa melewati jalan ini

"Saya dapat info katanya hari ini akan datang petugas dari Dinas PU untuk mengecek karena jembatan ini akan segera diperbaiki," tukasnya.

Sebelumnya diketahui hujan deras yang terjadi di Kota Sungailiat dan sekitarnya Rabu (27/02/2019) sore hingga Kamis (28/02/2019) pagi menyebabkan jembatan yang menghubungkan Lingkungan Parit 1 Kelurahan Kuday Kecamatan Sungailiat dengan Lingkungan Air Pengabis Desa Karya Makmur Kecamatan Pemali Kabupaten Bangka amblas terbawa arus air.

"Akibat kejadian ini arus lalu lintas warga sedikit terganggu karena jalan ini merupakan jalan pintas warga dari beberapa desa menuju pusat Kota Sungailiat," kata Al Imran, Sekretaris Kecamatan Sungailiat kepada Bangkapos.com, Kamis (28/02/2019).

Jalan alternatif lainnya menuju Kota Sungailiat masih ada, sehingga aktivitas warga tetap berjalan normal.

"Kerusakan jembatan ini sudah kita laporkan ke pak Bupati dan pihak Dinas PU Bangka akan segera memperbaiki dengan membuat jembatan permanen menggunakan dana darurat," ujarnya. (BANGKAPOS.COM/EDWARDI)

Penulis: edwardi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved