Berita Sungailiat

Sosialisasi BNN Bangka di Lapas Bukitsemut Singgung Dugaan Oknum Nakal

Eka sempat menyinggung soal keterlibatan oknum Napi yang masih bisa 'bermain' mengendalikan peredaran gelap Narkoba di luar Lapas.

Sosialisasi BNN Bangka di Lapas Bukitsemut Singgung Dugaan Oknum Nakal
IST/Humas BNN
Suasana penyuluhan pencegahan Narkoba bagi warga binaan di Lapas Bukitsemut Sungailiat, Selasa (5/3/2019). 

BANGKAPOS.COM -- Narapidana dan tahanan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bukitsemut Sungailiat Bangka mendapat pengarahan. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bangka menyampaikan materi penyuluhan, yang intinya meminta warga binaan itu tak terjerumus narkoba.

Kepala BNN Kabupaten Bangka, Eka Agustina didampingi Humas R Bembie AP kepada bangkapos.com, Kamis (7/3/2019) menyatakan sosialisasi ini dilakukan berkat sinergi BNN dengan Lembaga Pemasyarakatan Bukitsemut Sungailiat.

"Yang kita sosialisasikan adalah program pencegahan dan penyalahgunaan serta peredaran gelap Narkoba (P4GN) kepada warga binaan di Lapas itu," kata Eka.

Kegiatan digelar, Selasa (5/3/2019) berjalan lancar. Kepala BNN Bangka Eka Agustina dan Kepala Lapas Faozul Ansori ikut serta mendampingi narasumber penyampai materi penyuluhan di acara yang dimaksud.

“Ini momentum luar biasa, kita bisa masuk Lapas, dapat bersosialisasi dan berinteraksi dengan warga binaan (Lapas Bukitsemut). Kegiatan ini kita laksanakan agar kita tahu bagaimana kondisi di dalam Lapas dalam hal pemahaman dan penerapan pencegahan serta penyalahgunaan Narkoba," kata Eka.

Sementara itu narasumber berkompeten yang ditugaskan saat sosialisasi masing-masing Kasi Rehabilitasi, Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Penyidik Bidang Pemberantasan BNN Kabupaten Bangka.

"Tentunya ini sangat jarang kita terjunkan petugas-petugas sosialisasi dengan kapasitas berkompeten seperti ini. Ini artinya, kita menaruh perhatian yang fokus kepada warga binaann di Lapas," katanya.

Selain menurunkan narasumber yang dimaksud, Eka juga ikut andil dalam memberikan pencerahan dan edukasi kepada para peserta. Dalam pemaparannya, Eka menyampaikan materi bertema Strategi Pencegahan dan Pemberdayaan Dalam Mengurangi Kerawanan Narkoba di Lapas/ Rutan.

Tak lupa Eka sempat menyinggung soal keterlibatan oknum Napi yang masih bisa 'bermain' mengendalikan peredaran gelap Narkoba di luar Lapas.

"Bahkan masih ada saja ditemukan oknum petugas Lapas dalam membantu proses transaksi pengiriman Narkoba keluar masuk Lapas. Namun kami yakin, itu semua tidak akan terjadi di Lapas Bukitsemut ini," ujar Eka pada para petugas di lembaga pemasyarakatan tersebut.

Sementara itu, peserta sosialisasi berjumlah 50 orang warga binaan. Warga binaan ini terjerat beberapa kasus hukum, dominannya penyalahgunaan Narkoba. BNN berharap, kegiatan semacam ini berdampak positif pada warga binaan, kemudian hari.(Bangka Pos/Fery Laskari)

Penulis: ferylaskari
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved