Advertorial

Desa Terentang Ingin Bangun Rumah Adat

Sedekah kampung di Desa Terentang sebagai ucapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan kepada masyarakat.

Desa Terentang Ingin Bangun Rumah Adat
Dok. Pemdes Terentang
Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung memiliki tradisi turun temurun yang telah lama dilakukan masyarakatnya, yakni sedekah kampung. 

Desa Terentang Ingin Bangun Rumah Adat
* Sedekah Kampung Agenda Tahunan
* Kerajinan Rotan Hingga Plastik Daur Ulang Menjanjikan

BANGKAPOS.COM - Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung memiliki tradisi turun temurun yang telah lama dilakukan masyarakatnya, yakni sedekah kampung.

Sedekah kampung dimaksudkan sebagai ucapan rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas rezeki yang diberikan kepada masyarakat.

Dalam sedekah kampung ini berbagai acara acara dilaksanakan untuk memeriahkannya, seperti khataman Alquran, arak-arakan keliling kampung, pentas seni dan masih banyak lagi lainnya.

Kades Terentang, Zulkarnain mengungkapkan, perayaan ini selalu dilaksanakan antusias masyarakat, baik dari dalam desa maupun pihak luar sehingga pihaknya pun perlu berbenah untuk lebih baik dalam pelaksanaannya, satu di antaranya dengan menyediakan rumah adat sebagai tempat pelaksanaan kegiatan.

"Rumah adat ini sangat penting, mudah-mudahan tahun ini segera terlaksana untuk pembangunannya sehingga perayaan yang biasanya di masjid memiliki tempat memadai," ungkap Zulkarnanin.

Zulkarnain menilai sedekah kampung ini sangat unik, selain sebagai ungkapan syukur, kegiatan ini juga untuk meningkatkan keimanan generasi muda melalui khataman Alquran.

Dari sisi lain juga ada kesenian, seperti rebana, rudat, pencak silat hingga tarian daerah yang ditampilkan oleh masyarakat setempat.

"Kegiatan ini dilaksanakan setiap bulan Dzulhijah setelah Idul Adha, biasanya selalu ramai sampai pejabat pemerintah pun diundang," jelas bapak empat orang anak ini.

Dia menerangkan, potensi yang menjanjikan dan berkembang di desanya adalah kerajinan, seperti rotan, bambu, lidi, hingga plastik sisa pakai.

Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung memiliki tradisi turun temurun yang telah lama dilakukan masyarakatnya, yakni sedekah kampung.
Desa Terentang, Kecamatan Kelapa, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Bangka Belitung memiliki tradisi turun temurun yang telah lama dilakukan masyarakatnya, yakni sedekah kampung. (Dok. Pemdes Terentang)
Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved