Berita Sungailiat

KPU Bangka Sudah Hapus Nama WNA China yang Masuk DPT

Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan memastikan tidak ada lagi nama Yin Kuan di DPT Kabupaten Bangka.

KPU Bangka Sudah Hapus Nama WNA China yang Masuk DPT
(nurhayati/bangkapos.com)
M Hasan 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka sudah melakukan rapat pleno intern KPU untuk menghapus nama Warga Negara Asing (WNA) asal China, Yin Kuan yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka.

Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan memastikan tidak ada lagi nama Yin Kuan di DPT Kabupaten Bangka.

"Itu pleno intern saja, itukan wilayah KPU. Hasilnya nanti, berita acaranya baru disampaikan ke Bawaslu dan KPU provinsi. Bukan pleno terbuka. Kami sampaikan ke bawaslu sudah melakukan pencoretan sesuai arahan KPU RI dan KPU provinsi," jelas Hasan saat dikonfirmasi bangkapos.com, Jumat (8/3/2019).

Pihaknya juga sudah mengirimkan screenshot penghapusan nama WNA tersebut dari DPT.

"Boleh dicek di DPT tidak ada lagi namanya sudah terhapus," tegas Hasan.

Diakuinya, data Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilu (DP4) memang dikeluarkan Kementerian Dalam Negeri dimana data WNA tersebut masuk ke DP4.

"Data itu ternyata masuk kami tidak bisa membedakan yang penting ada NIK-nya (Nomor Induk Kependudukan--red) masuk ke DP4," ungkap Hasan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Rahmad Gunawan menjelaskan bahwa DP4 bukan diserahkan oleh Dukcapil Kabupaten Bangka kepada KPU Kabupaten Bangka, tetapi diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri kepada KPU Republik Indonesia.

"Jadi tidak benar DP4 itu diserahkan oleh dinas dukcapil kabupaten/kota. Kami sendiri tidak pernah buat DP4 yang diserahkan ke kementerian dalam negeri," jelas Rahmad memberikan mengklarifikasi mengenai pernyataan Ketua KPU Kabupaten Bangka M Hasan sebelumnya, yang menyebutkan DP4 yang diserahkan oleh Dukcapil Kabupaten Bangka.

Menurutnya, kemendagri memiliki data seluruh penduduk di dinas dukcapil kabupaten/kota di seluruh Indonesia termasuk Kabupaten Bangka.

"Ralat itu tidak bener apalagi disebutkan DP4 dari dinas Dukcapil Kabupaten Bangka. Mendagri yang menyerahkan DP4 itu," kata Rahmad.

(BANGKAPOS.COM/NURHAYATI)

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved