Berita Sungailiat

Diana Tidak Permasalahkan, Nama Suaminya yang WNA Dicoret dari DPT

suaminya Yin Kuan sudah sekitar 20 tahun tinggal di Indonesia. Diana mengaku jatuh cinta dan menikah dengam suaminya saat di Bangka

Diana Tidak Permasalahkan, Nama Suaminya yang WNA Dicoret dari DPT
Bangka Pos / Nurhayati
Ilustrasi pleno terbuka pemutakhiran dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Tahun 2019 oleh KPU Kabupaten Bangka, Senin (20/8/2018) di Ruang Pertemuan Hotel Tanjung Pesona Sungailiat. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Warga Negara Asing (WNA) asal China, Yin Kuan yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Bangka, ternyata tinggal di Jalan Muhidin Sungailiat.

Namun sayangnya saat ditemui bangkapos.com, Sabtu (9/3/2019) di kediamannya, Yin Kuan sedang tidak berada di rumah.

Menurut Diana, istri Yin Kuan yang berada di Maria Salon miliknya, suaminya sedang ke luar kota.

Sebelumnya suaminya, Yin Kuan memang terdaftar di DPT Kabuaten Bangka untuk Pemilu 2019 tetapi saat ini sudah dicoret KPU Kabupaten Bangka dari DPT. Bahkan saat Pilkada untuk pemilihan Bupati Bangka, pada 27 Juni 2018 lalu nama Yin Kuan juga terdaftar dalam DPT.

Padahal sesuai ketentuan peraturan pemerintah WNA tidak diperbolehkan memberikan hak suaranya pada Pemilu maupun Pilkada karena bukan Warga Negara Indonesia (WNI).

Namun menurut Diana, saat Pilkada Bangka tahun lalu memang suaminya tidak datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga tidak ikut memcoblos atau memilih bupati.

"Kami waktu pilkada itu berangkat ke luar kota jadi memang dak milih. Kalau pemilu ni ku dak tahu dapat atau tidak (masuk DPT--red) makanya ku juga binggung ngape waktu pilkada tu juga bisa dapat (kartu untuk ikut pilkada-red)," ungkap Diana kepada bangkapos.com.

Saat ditanya apakah suaminya merasa dirugikan atau kecewa karena sekarang dihapus dari DPT, Diana mengaku tidak dirugikan karena menyadari status suaminya masih WNA bukan WNI sehingga tidak berhak memberikan hak suaranya pada Pemilu 2019 nanti.

"Tidaklah biasa bai. Kalau ku tetap milih karena WNI," ujar Diana.

Diakuinya, suaminya Yin Kuan sudah sekitar 20 tahun tinggal di Indonesia. Diana mengaku jatuh cinta dan menikah dengam suaminya saat di Bangka.

Dia menceritakan saat itu suaminya bekerja di Bangka sehingga mereka bertemu lalu memutuskan untuk menjalani rumah tangga yang sekarang sudah memiliki dua buah hati.

Halaman
12
Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved