Public Service

Mayoritas Wajib Pajak Orang Pribadi Melaporkan Menggunakan E-Filling

Mayoritas wajib pajak (WP) di wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalpinang memilih layanan online dalam pelaporan SPT

Mayoritas Wajib Pajak Orang Pribadi Melaporkan Menggunakan E-Filling
Bangkapos/Yudha Palistian
Suasana para warga sedang melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalpinang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mayoritas wajib pajak (WP) di wilayah Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pangkalpinang memilih layanan online dalam pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT).

Senin (11/3/2019), ketika Bangkapos.com mengunjungi ruang loket antrian Kantor KPP Pratama Pangkalpinang banyak warga yang berbondong-bondong sedang menunggu antrian untuk melaporkan SPT.

Satu di antaranya ialah,  Intan Pramita (25), ia mengatakan bahwa dirinya sengaja menunggu antrian untuk mengubah akun E-Filling nya kepada petugas loket.

"Kebetulan saya sudah dua tahun terakhir ini melaporkan SPT menggunakan E-Filling, sebab caranya lebih gampang, efektif dan tidak harus ke Kantor pajak," ungkapnya kepada Bangkapos.com.

Intan yang kesehariannya bekerja sebagai karyawan swasta itu berpendapat bahwa kelemahan E-Filling hanya pada jaringan internetnya masing-masing provider,  jika jaringannya agak lama maka berpengaruh pada prosesnya selebihnya sudah efisien.

Tak hanya Intan saja,  Seorang pegawai administrasi di perusahaan swasta, vicel, mengatakan sengaja datang ke kantor pajak pratama untuk membuatkan akun E-Filling.

"Saya ke sini sengaja mau buat akun E-Filling, biar kedepannya lebih gampang dan tak usah ke kantor pajak lagi setiap tahunnya," jelasnya.

Senada dengan itu,  Niken Larasati (27) yang sedang mengantre pun mengatakan bahwa dirinya belum melaporkan SPT sebab sedang dalam proses pembuatan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

"Dalam beberapa tahun terakhir, saya belum bekerja sehingga belum ada NPWP. Alhasil baru tahun ini saya baru mau melaporkan SPT Tahunan," ujarnya.

Terlihat loket di KPP Pratama sedang melayani para warga yang ingin melaporkan SPT tahunan,  serta kursi tunggu sudah penuh dengan para pengunjung.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Pangkalpinang, Krisna Wiryawan, memprediksi kantornya akan membludak jelang tutup akhir maret mendatang sebab akhir penutupan pelaporan pada 31 Maret 2019.

 (Bangkapos/Yudha Palistian) 

Penulis: Yudha Palistian
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved