Berita Pangkalpinang

BMKG : Bangka Belitung Sudah Memasuki Musik Pancaroba, Musim Kemarau Pada April Mendatang

Wilayah Sumatera akan resmi memasuki musim kemarau di Bulan April, tetapi kembali tergantung pada karakteristik fenomena lokal

BMKG : Bangka Belitung Sudah Memasuki Musik Pancaroba, Musim Kemarau Pada April Mendatang
Dokumen Bangka Pos
Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji. 

BANGKAPOS.COM -- Kepala Seksi Data dan Pusat Informasi BMKG Klas I Depati Amir Pangkalpinang, Kurniaji, mengatakan saat ini beberapa wilayah Indonesia khususnya Bangka Belitung sebagai daerah dengan karakteristik monsoon sudah mulai memasuki musim pancaroba,  Selasa (12/3/2019).

Menurut info resmi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pusat menyebutkan wilayah Sumatera akan resmi memasuki musim kemarau di Bulan April, tetapi kembali  tergantung pada karakteristik fenomena lokal di masing-masing daerah.

"Suhu tertinggi dalam sepuluh hari terakhir di Pangkalpinang dan sekitarnya adalah 33,6 derajat celcius," paparnya Kepada bangkapos.com.

Ia menambahkan,  musim pancaroba dimulai dengan pergantian pola pergerakan angin monsoon dari monsoon barat laut ke monsoon tenggara atau pergantian pergerakan masa udara basah dari autan Asia ke pergerakan masa udara kering dari Australia.

"Pada periode ini, tentu setiap unsur cuaca akan mengalami perubahan atau anomali yang berbeda dengan normalnya, seperti suhu yang terkadang lebih panas atau lebih dingin, curah hujan yang tidak menentu atau perubahan dari unsur cuaca lainnya," jelasnya.

Disisi lain, pada akhir Maret mendatang atau awal April kelak diperkirakan secara total perubahan pergerakan monsoon barat laut menjadi Monsoon tenggara akan terjadi, pertanda wilayah kita sudah resmi memasuki musim kemarau.

Sedangkan dalam sepuluh tahun terakhir, Pangkalpinang pernah mencapai suhu tertinggi pada Bulan Oktober 2009 senilai 36.1 derajat celcius. (Bangkapos/Yudha Palistian) 

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved