Buntut Harga Tiket Pesawat Mahal, Kunjungan Wisatawan ke Babel Berkurang Sampai 50%

Perubahan harga tiket yang sangat tinggi membuat kunjungan wisatawan ke Provinsi Babel mengurang drastis.

Buntut Harga Tiket Pesawat Mahal, Kunjungan Wisatawan ke Babel Berkurang Sampai 50%
Bangka Pos/ Muhammad Rizki
Kasubag Perencanaan Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Provinsi Bangka Belitung Firmansyah. 

BANGKAPOS.COM  - Disbudpar (Dinas Kebudayaan dan Pariwisata) Provinsi Bangka Belitung yang diwakili oleh Kasubag Perencanaan Firmansyah, mengatakan jika perubahan harga tiket yang sangat tinggi membuat kunjungan wisatawan ke Provinsi Kepulauan Babel mengurang drastis.

Meskipun ia belum mengantungi data untuk kunjungan wisatawan di tahun ini, namun Firman dapat memastikan jika penurunan jumlah wisatan yang berkunjung hampir menyentuh 50%.

"Otomatis mengalami penurunan wisatawan, itu sudah pasti." Ujar Firman, Rabu (13/3) saat ditemui di ruang kerjanya.

Sedangkan dampak untuk pengusaha pariwisata, seperti hotel, tempat oleh-oleh dan usaha kreatif lainnya juga memgalami penurunan omset yang tak kalah signifikan yang menembus angka hampir 60%.

Padahal sebelum harga tiket melambung tinggi, Disbudpar Provinsi Bangka Belitung mengalami tren positif dari segi kunjungan wisatawan. Contohnya di 2018 jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara berhasil menembus angka hingga 514% dari target.

Di  2018 target Disbudpar Bangka Belitung 400.050 wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun mancanegara, namun realisasinya mampu menyentuh di angka 2.072.023 wisatawan.

Sedangkan wilayah yang paling terlihat penurunan jumlah wisatawan adalah di daerah Belitung. Firman menambahkan jika dirinya yang baru saja pulang dari Belitung merasakan sendiri dampak dari sepinya wisatawan.

"Biasanya kalau ke Belitung itu agak sulit cari hotel. Nah sekarang kondisi hotel itu banyak yang kosong. Bahkan ada hotel yang menutup satu lantai mereka karena tidak ada huniannya"

Untuk mengatasi sepinya wisatawan dikarenakan harga tiket yang melambung tinggi, Firman mengakui jika pihaknya sudah berkordinasi dengan Dinas Perhubungan dan kementrian untuk mensiasati penurunan harga tiket. (BANGKAPOS/MUHAMMAD RIZKI/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved