Berita Pangkalpinang

Jumlah Wisatawan Menurun, ASATI Berharap Kedatangan Jokowi Bantu Promosi Pariwisata di Babel

"Menurut data kami yang masuk di Bella Wisata saja, dalam Januari 2019 hanya 154 pax sedangkan Februari sangat sedikit sekali hanya 30 orang saja,"

Jumlah Wisatawan Menurun, ASATI Berharap Kedatangan Jokowi Bantu Promosi Pariwisata di Babel
Dokumen Bangka Pos
Para wisatawan penumpang Kapal Pesiar Star Clippers, Senin (7/5/2018) saat datang ke Parai Beach Resort and Spa. 

BANGKAPOS.COM  -- Ketua Assosiasi Sales Travel Agents Indonesia (ASATI) sekaligus pemilik Bella Wisata,  Yuna Ekowati mengatakan para wisatawan yang datang ke Bangka Belitung dalam beberapa bulan terakhir menurun tajam.

"Menurut data kami yang masuk khususnya di Bella Wisata saja, dalam Januari 2019 hanya 154 pax  sedangkan Februari sangat sedikit sekali hanya 30 orang saja," paparnya kepada bangkapos.com,  Rabu (13/3/2019).

Data tersebut sangat berbanding terbalik, jika dibandingkan pada 2018 lalu. Wisatawan yang masuk ke Babel pada Januari 2018 sekitar 190 Pax dan Febuari sekitar 330 pax.

Menurutnya,  kunjungan wisatawan yang sedikit itu akan berdampak pada beberapa sektor lainnya terutama pada Hotel, toko belanja oleh-oleh dan sewa kendaraan.

"Faktor utamanya bukan semuanya karena harga tiket pesawat yang mahal, memang periode Januari hingga Februari adalah low season sehingga setiap tahun periode itu untuk wisatawan pasti low," jelasnya.

ASATI pun berharap melalui kedatangan Presiden Republik Indonesia,  Jokowi,  bisa membantu promosi pariwisata yang ada di Bangka Belitung, khususnya antar daerah maupun antar negara.

"Jangan hanya beberapa destinasi saja yang dipromosikan dan kedepannya berharap diadakan events, kalo bisa semua provinsi bergantian sehingga seimbang untuk pendapatan daerah masing-masing," tandasnya.

Tak hanya itu, solusi kedepannya adalah untuk semua stakeholder pariwisata mempunyai tujuan yang sama dalam menyingkapi masalah ini.

"Jika mau Babel tetap untuk stabil maupun bergema dengan wisatawan, maka kita harus banting stir, harus berani bergandengan membuat harga baik khusus low season ini," tutupnya. 

(Bangkapos/Yudha Palistian).


Penulis: Yudha Palistian
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved