Berita Pangkalpinang

Okupansi Hotel Menurun Sejak Awal Tahun, Jokowi Diharapkan Kunjungi Objek Pariwisata Babel


Jika melihat data BPS bulan Desember 2018 tercatat sebanyak 33.849 orang, jumlah itu pun turun sebesar

Okupansi Hotel Menurun Sejak Awal Tahun,  Jokowi Diharapkan Kunjungi Objek Pariwisata Babel

Bangkapos/Yudha Palistian
?Ruang Pelayanan Statistik Terpadu, Badan Pusat Stastistik (BPS) Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pusat Statistik (BPS)  Provinsi Bangka Belitung mengklaim Okupansi (Tingkat Hunian) Kamar pada Hotel Berbintang diperkirakan akan menurun sejak awal tahun 2019.

Kepala Bidang Statistik Distrubusi - Badan Pusat Statistik (BPS) Bangka Belitung,  Taufik,  mengatakan penyebab tersebut selain Tarif angkutan udara yang melambung tinggi, penyebab lainnya adalah low season diawal tahun,  Rabu (13/3/2019).

Jika melihat data BPS bulan Desember 2018 tercatat sebanyak 33.849 orang, jumlah itu pun turun sebesar 11,15 persen dibandingkan jumlah tamu bulan sebelumnya yakni 38.098 orang.

Sedangkan Jumlah tamu asing dan domestik,  turun masing-masing sebesar 16,84 persen dan 11,04 persen.

"Untuk Januari dan Febuari 2019 dipastikan menurun berdasarkan sebelumnya,  karena Data Statistik kami unyjk pariwisata dan Transportasi dirangkum setiap dua bulan sekali saja," jelas taufik di kantornya.

Ia menambahkan,  untuk jumlah tingkat hunian kamar (okupansi)  pada Desember 2018 mencapai rata-rata 37,76 persen,  turun 6,66 poin dibandingkan dengan TPK November 2018 yang tercatat sebesar 44,43 persen.

Wilayah tertinggi masih ditempati oleh Bangka Tengah sebesar 54,08 persen pada Desember 2018, di ikuti Pulau Belitung sebesar 41,39 persen dan pangkalpinang yakni 30,10 persen.

Taufik mengharapkan jikalau bisa Presiden Republik Indonesia,  Jokowi,  berkunjung ke objek pariwisata yang ada di Bangka Belitung. Sehingga memancing para wisatawan untuk berkunjung kesini.

"Pastinya kan beliau akan membagikan Moment kunjungannya ke laman sosial media miliknya, alhasil banyak yang melihat," paparnya.

Selain itu, untuk pelaku usaha diharapkan inovasi dan kreatifitas agar memancing geliat ekonomi untuk usahanya masing-masing. (Bangkapos/Yudha Palistian)

Penulis: Yudha Palistian
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved