Sejahterakan Petani, Lusyani Suwandi Bertekad Kembalikan Kejayaan Lada Babel

Lusyani akan mencarikan solusi agar lada Bangka bisa dijual dengan harga tinggi, memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki.

Sejahterakan Petani, Lusyani Suwandi Bertekad Kembalikan Kejayaan Lada Babel
Bangka Pos
Tokoh Wanita Bangka Belitung, Lusyani Suwandi saat berdialog dengan warga Parittiga, Bangka Barat 

BANGKAPOS.COM -- Tokoh wanita Bangka Belitung, Lusyani Suwandi bertekad mengembalikan kejayaan lada Babel. Lusyani menyiapkan sejumlah program untuk mengembalikan kejayaan lada dan menyejahterakan petani lada.

Calon Anggota DPR RI Dapil Bangka Belitung ini mengatakan, telah mengunjungi semua wilayah Babel untuk menjemput aspirasi. Mayoritas aspirasi yang Lusy terima yakni menurunnya harga komoditas lada.

"Saya sudah berkeliling ke seluruh wilayah yang ada di Bangka Belitung. Banyak aspirasi yang saya serap, biasanya harga komoditas dan bahan pokok," kata Lusyani Suwandi di Lepar Pongok, Bangka Selatan.

Politisi NasDem itu menuturkan, lada di Babel merupakan lada terbaik di dunia terutama lada putih atau "White Pepper Muntok". Lada tersebut merupakan salah satu varian unggul di dunia. Perkebunan lada sendiri tersebar di seluruh wilayah Babel.

Lebih lanjut, Lusyani melihat permasalahan harga komoditas di Babel terletak pada pengolahannya. Banyak lada asli Babel yang diekspor dan harganya di luar negeri lebih baik.

"Kita selama ini menjual lada dengan mentah, kita tidak bisa mengolah sendiri. Padahal Malaysia yang beli dari kita, diolah sedikit, bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi," lanjut Lusyani.

Kedepan, Lusyani ingin lada tetap menjadi komoditas primadona bagi Babel. Sehingga menjadi kebanggaan bagi petani lada dan diiringi harga yang baik.

Lusyani menuturkan, perlu kerjasama semua pihak, termasuk pemerintah sangat diperlukan untuk membantu pengolahan lada petani. Ia ingin tidak ada lagi petani yang mengeluhkan soal harga.

"Kalau ada niat yang baik (untuk pengolahan) pasti bisa. Saya berniat untuk itu. Terlalu banyak keluhan yang saya dengar dari masyarakat Babel tentang komoditas yang turun, terutama lada karena kebanggaan," ujar Lusyani.

Lusyani akan mencarikan solusi agar lada Bangka bisa dijual dengan harga tinggi, memanfaatkan seluruh sumber daya yang dimiliki. Ia juga akan mendukung program pemerintah dalam mengembalikan kejayaan komoditas ekspor tersebut.

"Saya akan carikan investor untuk bisa membuat penelitian, bagaimana lada khas Bangka ini bisa diproses dan dijual dengan harga maksimal. Hal itu akan membantu masyarakat menaikkan harga," imbuh Lusyani.

Terakhir, Lusyani berkomitmen akan terus menjaga komoditas lada jika terpilih sebagai anggota DPR RI. Menjadi jembatan antara kepentingan petani lada di Babel dengan pemerintah.

"Kalau saya terpilih, saya akan menjadi ibu mereka agar komoditas ini tidak hilang," tutup Lusyani.

Tags
Lada
babel
Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved