Cara Mudah Mendeteksi Berita Hoaks, Cek Judul, Isi dan Sumbernya

Saat ini, banyak sekali berita-berita tanpa fakta alias hoaks, dan malah berisi ujaran kebencian di media sosial.

Cara Mudah Mendeteksi Berita Hoaks, Cek Judul, Isi dan Sumbernya
Capture/Twitter/@Sutopo_PN
Ilustrasi - BNPB memastikan jika informasi akan ada gempa susulan dan tsunami sebesar 8,1 SR adalah Hoax alias tidak benar. 

BANGKAPOS.COM - Saat ini, banyak sekali berita-berita tanpa fakta dan malah berisi ujaran kebencian yang dapat kita temui di banyak media sosial.

Apalagi, banyak pula oknum atau masyarakat Indonesia yang hanya membaca judul tanpa isinya, dan malah langsung saja disebarkan.

Berdasarkan penelitian dari Central Connecticut State University, pada 2016, mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan minat baca terendah yang menempati posisi 60 dari 61 negara.

Fitur Tersembunyi App Store yang Wajib Diketahui Pengguna iPhone dan iPad iOS 12

Namun, Indonesia sendiri merupakan negara paling aktif dengan penggunaan smartphone keempat di dunia setelah Cina, India, dan Amerika Serikat.

Bukan hal aneh, bila minat membaca kita rendah sedangkan kita rajin browsing di internet, akan membuat kebiasaan buruk dalam bersosial media, yakni Trigger Happy : "sebar dulu, konfirmasi belakangan"

Head of Business Development BaBe, Shelly Tantri S, membagikan tiga cara atau kita-kiat ampuh untuk mengenali informasi yang salah atau berita hoax.

Agar kita tidak menjadi masyarakat yang termasuk trigger happy, ikuti cara sebagai berikut :

- Pertama, Cek Headline/Judul Berita

Pastikan berita yang kita baca tidak mengandung topik sensasional.

Contohnya, ketika gempa bumi terjadi, sudah pasti bahwa berita yang mengatakan gempa susulan dengan skala lebih besar dapat dipastikan adalah berita bohong, karena gempa tidak bisa diprediksi sama sekali.

Menulis Pesan WhatsApp Tanpa Harus Mengetik di Ponsel, Nggak Ribet Kok!

- Kedua, Cek Sumber Berita

Halaman
12
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved