Rudianto Tjen: Industri Olahan Bisa Jadi Solusi Tingkatkan Pendapatan Petani Babel

Rudianto Tjen mengatakan industri olahan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pendapatan petani Babel.

Rudianto Tjen: Industri Olahan Bisa Jadi Solusi Tingkatkan Pendapatan Petani Babel
Istimewa/Bangka Pos
Rudianto Tjen bersama petani Babel. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel), Rudianto Tjen mengatakan industri olahan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan pendapatan petani Babel. Karena dengan meningkatnya industri bisa menambah nilai jual milik petani.

Ia mengatakan saat ini industri olahan belum dihadirkan secara maksimal. Hal ini, menurutnya yang juga menjadi salah satu faktor stagnannya harga komoditas perkebunan.

"Bangka Belitung ini memiliki potensi besar dari perkebunan seperti kelapa sawit. Namun sayang untuk hasil produk olahannya minim. Ke depan diharapkan dapat tingkatkan secara maksimal," kata Rudianto Tjen.

Politisi PDI Perjuangan ini menilai pemerintah daerah Babel memiliki peranan penting dalam meningkatkan industri olahan. Mengingat banyak hasil perkebunan seperti lada, kelapa sawit, kelapa, karet dan cokelat di daerah tersebut yang bisa diolah menjadi produk yang menarik.

Misalkan saja, sambung Rudianto Tjen, buah pinang. Menurutnya buah itu bisa diolah menjadi berbagai kudapan.

"Pemanfaatan hasil kebun seperti pinang menjadi produk-produk olahan. Pinang bisa kita olah menjadi jus pinang, kopi pinang, teh pinang, dan macam-macam," ujarnya.

Menurut Rudianto untuk membuat olahan warga Babel juga bisa melakukannya. Sehingga diperlukan juga edukasi kepada petani mengenai manfaat olahan. Dengan begitu warga bisa membaca peluang yang ada, dengan memaksimalkan hasil perkebunan.

"Saya berharap pemerintah memberikan edukasi kepada warga bagaimana memanfaatkan hasil perkebunan menjadi produk olahan. Sehingga dapat meningkatkan pemanfaatan potensi yang ada. Dengan berkembangnya produk olahan itu nantinya dapat meningkatkan perekonomian warga," pungkasnya. (ufi)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved