Sempat Putus Asa, Kisah Mekanik Muda Cepu Mewujudkan Mimpi Memiliki Bengkel Sendiri

Suara laju kendaraan terdengar nyaring mengisi jalan raya Cepu yang kosong. Sore itu langit mulai menjingga. Dua orang pemuda yang berboncengan...

Sempat Putus Asa, Kisah Mekanik Muda Cepu Mewujudkan Mimpi Memiliki Bengkel Sendiri
infokomputer.grid.id
Bengkel Cahaya Baru Motor menjadi salah satu bengkel rujukan para pelajar SMK untuk kerja praktek atau magang 

BANGKAPOS.COM - Sang pemilik Bengkel Cahaya Baru Motor sendiri adalah milik Novin Purwanto, pria berusia 34 tahun yang mendirikan bengkel ini sejak tahun 2017.

Bengkel tersebut berada tepat di depan rumah orang tuanya di sisi Jalan Raya Cepu-Blora, Wonorejo, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora.

Sepeda motor menjadi budaya yang digemari para pemuda Cepu. Tidak jarang, dari utak-atik motor, persahabatan pun terjalin.

Sore itu, Imam dan Hery bermaksud melamar magang di bengkel milik Novin. Novin pun menerima mereka. Bengkel Novin telah terpilih sebagai bengkel mitra Pertamina Lubricants, sekaligus menjadi tempat magang bagi para peserta Enduro Student Program (ESP) Batch 1 di Bojonegoro.

Program itu diikuti sebanyak 21 peserta—di antaranya Imam dan Hery.

Pertamina Lubricants memilih bengkel Novin menjadi mitra karena mereka menilai bahwa bengkelnya terhitung berpengalaman lantaran sudah berjalan selama lima tahun.
ESP adalah program corporate social responsibility berbasis Creating Shared Value (CSV) khusus di bidang pelatihan teknis sepeda yang bertujuan untuk melahirkan entrepreneur muda dibidang perbengkelan roda dua.

Di berbagai wilayah lainnya di Indonesia, seperti Cepu dan Bojonegoro. Pelatihan ini melibatkan Novin menjadikan ruang tamu berukuran sekitar satu lapangan bulu tangkis sebagai tempat menyimpan semen, dan bilik-bilik ruangannya berbahan dasar kayu.

Merawat Mimpi

Novin sebenarnya sudah merintis usaha bengkel pada tahun 2013. Kala itu, ia menamainya Bengkel Ipung, diambil dari nama adik kandungnya.

Namun beberapa tahun berjalan, bengkel miliki Novin mengalami kemerosotan. Bengkelnya sepi, dan akhirnya tutup hingga waktu yang tak tentu.

“Saya putus asa di bengkel ini,” ujarnya. Akhirnya, ia memutuskan untuk mencari pekerjaan lain. Setelah enam bulan berburu, ia mendapat pekerjaan menjadi sales motor. Untuk menambah pemasukan, malamnya Novin membuka warung angkringan.

 Akhirnya pada tahun 2017, Novin kembali merajut mimpinya memiliki usaha bengkel. Dengan kemantapan hati dan perhitungan yang matang, bengkelnya lahir kembali dengan nama Bengkel Cahaya Baru Motor. Dan, pada akhir 2017, bengkel ini dipilih menjadi bengkel mitra oleh Pertamina Lubricants.

Halaman
12
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Info Komputer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved