Berita Pangkalpinang

Surat Suara Tahap Pertama Bangka Belitung Dikirim Sore Hari Ini

Davitri mengatakan jika KPU Bangka Belitung sedang menunggu kedatangan surat suara dan formulir.

Surat Suara Tahap Pertama Bangka Belitung Dikirim Sore Hari Ini
Bangka Pos / Hendra
Davitri, Ketua KPU Propinsi Bangka Belitung. 

BANGKAPOS.COM - Pesta demokrasi lima tahunan sudah di depan mata, tanggal 17 April 2019 tinggal menghitung hari, logistik pemilu dan pilpres sudah mulai disebar ke seluruh penjuru nusantara, satu di antaranya ke Provinsi Bangka Belitung.

Ketua KPU (Komisi Pemilihan Umum) Provinsi Bangka Belitung Davitri mengatakan jika KPU Bangka Belitung sedang menunggu kedatangan surat suara dan formulir.

Sedangkan untuk logistik pemilu yang lain seperti kotak suara, bilik, segel, dan alat kelengkapan pemungutan dan perhitungan suara yang akan digunakan 17 April 2019 nanti sudah berada di kabupaten kota.

Sedangkan untuk pendistiribusian logistik perlengkapan pemilu akan didistribusikan H-1 pemungutan dan penghitungan suara.

Untuk saat ini surat suara untuk provinsi Bangka Belitung masih berada di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, dan menurut rencana akan dikirimkan ke Bangka sore hari nanti Senin (18/03/2019), sedangkan surat suara untuk belitung akan diikirimkan pada hari Selasa (19/03/2019) dini hari.

"Saat ini masih di Tanjung Priok, dan menurut rencana akan dikirimkan sore nanti untuk yang Bangka, dan tanggal 19 dini hari untuk Belitung," ujar Davitri, Senin (18/3) saat ditemui di ruang kerjanya.

Untuk surat suara tahap pertama yang akan dikirimkan sore hari ini adalah surat suara untuk anggota DPRD kabupaten kota, DPRD provinsi, dan surat suara anggota DPR RI. Dan estimasi waktu pengiriman dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Bangka Belitung selama 3-4 hari.

Sedangkan surat suara tahap kedua, yang berisi surat suara untuk anggota DPD dan surat suara presiden dan wakil presiden yang akan dikirimkan dalam waktu dekat melalui jalur Makasar-Jakarta-Bangka Belitung.

Davitri menambahkan jika dirinya sangat berharap agar surat suara dapat tiba tepat pada waktunya, dikarenakan pemilu yang sudah semakin dekat dan KPU provinsi masih harus melakukan proses pelipatan dan penyortiran surat suara.

Namun ia mengatakan dirinya tetap optimis jika logistik perlengkapan pemilu akan sampai H-1 di TPS (Tempat Pemungutan Suara) masing-masing yang berada di Provinsi Bangka Belitung.

Saat ditanyakan jumlah warga yang akan dilibatkan dalam pelipatan surat suara, Davitri menjelaskan jika pihak kabupaten kota baru akan melakukan pemetaan.

Namun ia mengatakan jika hal ini tergantung dengan kondisi dan kebutuhan surat suara yang akan datang, jika memang waktunya sudah mepet KPU tentunya akan meminta untuk diperbanyak tenaga pelipatan surat suara.

"Ini kita akan lihat nanti jarak waktu, jadi misalnya nanti baru hari ini diberangkatkan dan 3 hari kemudian baru sampai. Jadi waktu yang ada ini tinggal berapa hari lagi untuk melakukan sortir dan lipat. Maka kita sudah sampaikan kepada kawan-kawan kabupaten kota untuk segera melakukan pemetaan, tentunya dengan anggaran yang ada di KPU." ujarnya.

Untuk honor warga yang terlibat dalam pelipatan surat suara, Davitri mengatakan jika untuk informasi awal yang diterima jika honor tenaga pelipatan suara hampir menyentuh angka Rp 100,- / lembar surat suara. Namun ia mengatakan jika pihak KPU masih menunggu revisi dari KPRI (Koperasi Pegawai Republik Indonesia).

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved