Advertorial

Pemdes Pasir Garam Kembangkan Potensi Pemberdayaan Masyarakat

Desa Pasir Garam fokus pengembangan sapi bergulir, pembuatan tahu, peternakan ayam kampung super dan pengrajin gagang cangkul.

Pemdes Pasir Garam Kembangkan Potensi Pemberdayaan Masyarakat
Dok. Pemdes Pasir Garam
Desa Pasir Garam fokus pengembangan sapi bergulir, pembuatan tahu, peternakan ayam kampung super dan pengrajin gagang cangkul. 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Desa Pasir Garam Kecamatan Simpangkatis, Kabupaten Bangka Tengah fokus mengembangkan potensi pemberdayaan masyarakat, yakni pengembangan sapi bergulir, pabrik pembuatan tahu, peternakan ayam kampung super dan pengrajin gagang cangkul.

Memiliki lahan seluas 1.784 Hektare (Ha) dan penduduk sebanyak 2.618 jiwa, yang bermayoritas petani dan peternak, hal inilah yang membuat Pemdes Desa Pasir Garam untuk memajukan desa tersebut.

Kepala Desa Pasir Garam, Munzilin me­ngatakan, berbagai potensi yang ada di wilayahnya mulai dari pengembangan sapi bergulir dan peternak ayam kampung super. Di sektor lain ada juga pabrik pembuatan tahu dan pengrajin gagang cangkul.

Guna mendukung hal tersebut, warga diberikan pemahaman dan pelatihan tentang cara usaha tersebut. Mereka dibantu pihak desa bersama tenaga lapangan yang telah disiapkan.

“Jika ada warga atau kelompok yang mau usaha, warga harus mengajukan proposal, dengan syarat harus ada embrionya, berupa kandang ayam, jika mereka ingin usaha tersebut, lalu kami berikan pembibitan, pakan dan peralatan,” kata Munzilin.

Munzilin Kades Pasir Garam
Munzilin Kades Pasir Garam (Dok. Pemdes Pasir Garam)

Munzilin menjelaskan, pada tahun 2018 ada 10 bidang pembangunan desa dan 15 bidang pembinaan dan pemberdayaan masyarakat yang sudah terlaksana, mulai dari pembangunan Jalan Conblok Air Mentangor, serta pembangunan Jalan Tanah Puru Air Jangkang serta pelatihan kelompok tani, nelayan serta UMKM.

Munzilin mengaku, kemajuan Desa Pasir Garam, dibantu oleh perangkat desa seperti BPD dan lain-lain.

“Alhamdulillah kami saling membantu,” tutur Munzilin.

Kades dan aparat Desa Pasir Garam
Kades dan aparat Desa Pasir Garam (Dok. Pemdes Pasir Garam)

Disinggung soal rencana tahun 2019, Munzilin me­ngatakan ingin mengadakan pelatihan di desanya seperti perbaikan service AC kepada pemuda yang sudah putus sekolah, pelatihan sirkulasi pembibitan tanaman, bantuan kelompok itik serta membangun kolam renang dan minimarket desa.

“Tahun 2019 harus banyak pemberdayaan, karena 30 persen yang harus didasari pelatihan dan embrio,” ujar Munzilin.

Pemberdayaan masyarakat tersebut, akan dikelola oleh BUMdes yang akan berbagi hasil dengan peme­rintah desa, dalam upaya meningkatkan pendapatan. (adv/r5/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved