Advertorial

KKP Pangkalpinang Libatkan Lintas Sektoral Agar Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan Efektif

Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kota Pangkalpinang menggelar sosialisasi UU 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan

KKP Pangkalpinang Libatkan Lintas Sektoral Agar Sosialisasi UU Kekarantinaan Kesehatan Efektif
Bangka Pos
Kantor┬áKesehatan Pelabuhan Kelas III Kota Pangkalpinang menggelar sosialisasi Undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan di Swis Bell Hotel Pangkalpinang, Selasa (19/3) sekitar pukul 09.00 WIB. 

BANGKAPOS.COM - Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Kota Pangkalpinang menggelar sosialisasi Undang-undang nomor 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan di Swis Bell Hotel Pangkal­pinang, Selasa (19/3) sekitar pukul 09.00 WIB.

Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mul­yono Susanto membuka langsung kegiatan yang dihadiri sekitar 85 peserta dari berbagai instansi terkait.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Pang­kalpinang, Sirjon Sihotang Mengatakan kegiatan ini merupakan instruksi langsung dari DITJEN P2P Kemenkes RI.

Menurutnya, seluruh kantor kesehatan pelabuhan di daerah wajib melakukan sosialisasi kekarantinaan kesehatan ini.

Ia menjelaskan hal ini bertujuan melindungi masyarakat dari bahaya penyakit yang berpotensi kejadian kegawatdaruratan.

“Sosialisasi ini juga sangat penting melibatkan berbagai pihak, baik dari instansi lintas sektor dan juga dari swasta. Karena UU ini tidak akan berjalan secara efektif, tanpa dukungan dari berbagai instansi lintas sektor dan swasta,” kata Sirjon.

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Babel, Mulyono Susanto mengakui Dinas Kesehatan juga terlibat langsung dalam UU kekaranti­naan kesehatan ini. Pihaknya memastikan sangat mendukung acara sosialisasi ini.

Ia menambahkan UU keka­rantinaan kesehatan ini melalui proses sangat lama, yaitu 10 tahun. Sehingga menurutnya, penyakit yang ada sudah berkembang dan memang waktunya memiliki UU tersebut.

“Semua lini harus tahu, jika tidak UU ini hanya di atas kertas saja. Apa lagi prosesnya ini sudah lama, penyakit yang ada sudah berkembang luar biasa, sehingga sudah saatnya kita punya UU ini.” tegas Mulyono.

Kegiatan bertema terwujudnya ketahanan kesehatan bangsa melalui penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan juga turut dihadiri Executive General Manager Angkasa Pura II Depati Amir, Chuanda serta Kepala KSOP Izuar. (adv/r1/bow)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved