Berita Bangka Barat

Nelayan Bakit Beberkan Permasalahannya Dalam Budidaya Ikan Air Laut

Selain itu katanya, masalah lingkungan, seperti pencemaran air laut oleh aktivitas tambang, tingkat

Nelayan Bakit Beberkan Permasalahannya Dalam Budidaya Ikan Air Laut
Bangkapos/Nordin
Sejumlah nelayan di Bangka Barat saat mngikuti pelatihan budidaya ikan air laut di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat, 

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Nelayan budidaya ikan air laut di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat mengaku potensi perikanan di wilayahnya sangat potensial.

Sejak 2015 lalu, melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Bangka Barat, pihaknya mendapat pelatihan hingga bantuan untuk budidaya ikan air laut.

Salah satu nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan Desa Bakit, yakni Hardun (63), menyampaikan, permasalahan yang dihadapi diantaranya bibit ikan hingga penjualan.

Selain itu katanya, masalah lingkungan, seperti pencemaran air laut oleh aktivitas tambang, tingkat keberhasilan dalam membudidaya ikan dan lain sebagainya.

" Kami melihat potensi ini bagus, apalagi kami diberi pelatihan hingga bantuan peralatan termasuk bibit ikan juga untuk memulainya, apalagi mata pencarian kami di Bakit ini kebanyakan nelayan," sebut Hardun.

Menurutnya, sejak 2015 lalu pihaknya sudah beberapa kali panen ikan hasil budidaya kelompok nelayan, hasilnyapun di cukup menjanjikan dan diminati.

Saat ini ikan yang dibudidayakan kelompok nelayan di wilayahnya jenis kerapu.

" Kemarin yang ngambil hasil budidaya ikan ini orang dari Tanjung Pinang, dihargai Rp 100 ribu lebih perkilogramnya," ungkap Hardun (*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved