Berita Pangkalpinang

STKIP MBB Bangka Gelar Tour Guide Training, 30 Peserta Dibekali Cara Memandu Wisatawan

30 orang peserta berasal dari berbagai profesi dan instansi karena acara ini terbuka untuk masyarakat umum.

STKIP MBB Bangka Gelar Tour Guide Training, 30 Peserta Dibekali Cara Memandu Wisatawan
IST
Peserta Bangka Tour Guide Training 

30 Peserta Dibekali Cara Memandu Wisatawan

BANGKAPOS.COM-- Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Bangka Belitung (PBI STKIP MBB) bekerjasama dengan Bangka English Community (BEC) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bangka Belitung (Disbudpar Babel) menyelenggarakan kegiatan bertajuk pengembangan SDM masyarakat Bangka di bidang pengembangan sektor pariwisata melalui pelatihan pemandu wisata berbahasa Inggris dengan tema kegiatan Be a Confident Future Tourism Ambassador, Sabtu-Minggu.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Rivai, yang memberikan pembekalan kepada peserta kegiatan terkait kepariwisataan.

Ditambahkan Ketua Kantor urusan Internasional STKIP MBB selaku panitia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal implementasi kerja sama di bidang pendidikan dan kepariwisataan.

“Ini implementasi dari kerjasama di bidang pendidikan dan kepariwisataan antara STKIP dengan Gubernur Bangka Belitung,” jelasnya.

30 orang peserta berasal dari berbagai profesi dan instansi karena acara ini terbuka untuk masyarakat umum.

Peserta tidak hanya mendapatkan materi teori juga praktek lapangan di tiga destinasi wisata yaitu di Puri Tri Agung, Pantai Turun Aban dan Pantai Tongachi.

Ketiga puluh peserta training dibekali ilmu tentang cara memandu wisata dengan Bahasa Inggris yang baik dan benar dan ditanamkan beberapa hal yang menjadi faktor penunjang kepercayaan diri seorang tour guide seperti pemahaman tentang historical facts suatu tempat wisata, intonasi berbicara, body language yang tepat, gesture yang tidak berlebihan, eye contact yang sesuai, appropriate personality, dan banyak lagi lainnya.

Di akhir pelatihan tour guide, seluruh peserta berkesempatan untuk melatih kemampuan berbicara Bahasa inggrisnya melalui dinamika kelompok.

Endah Roberta selaku pendiri Bangka English Community (BEC) mengungkapkan bahwa komunitas Bahasa Inggris ini didirikan untuk membantu masyarakat Bangka dari semua kalangan yang berkeinginan untuk belajar Bahasa Inggris.

”BEC cukup aktif menyelenggarakan forum diskusi berbahasa Inggris dan harapan kedepannya adalah bahwa komunitas ini tetap eksis dan pesertanya bertambah terus tiap bulannya,” jelasnya.

Asyraf Suryadin, selaku Ketua STKIP MBB, Wakil Ketua bidang Akademik Maulina Hendrik, Kaprodi Pendidikan Bahasa Inggris Iful Rahmawati Mega dan Agci Hikmawati, Sekretaris Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris sekaligus pemateri. STKIP MBB. (*)

Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved