Advertorial

Nelayan di Bangka Barat Dididik Budidaya Ikan Laut

Sejumlah nelayan di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dilatih membudidayakan ikan air laut.

Nelayan di Bangka Barat Dididik Budidaya Ikan Laut
Bangkapos.com/Nordin
Sejumlah nelayan di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dilatih membudidayakan ikan air laut. Pelatihan itu digelar di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Babar, Rabu (20/3/2019). 

BANGKAPOS.COM - Sejumlah nelayan di Kabupaten Bangka Barat (Babar) dilatih membudidayakan ikan air laut.

Pelatihan itu digelar di Desa Bakit, Kecamatan Parittiga, Kabupaten Babar, Rabu (20/3/2019).

Narasumber dari Budidaya Balai Besar Perikanan Laut Lampung menjadi pemateri dalam kegiatan yang dilakukan selama dua hari tersebut.

“Ini merupakan kegiatan untuk nelayan tahun 2019, kegiatan serupa telah sejak 2015 dilaksanakan, mudah-mudahan ini memberikan manfaat bagi nelayan,” sebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Bangka Barat, Sukraedi, SP

Dia menyampaikan potensi perikanan dan kelautan di Bangka Barat sangat melimpah dan luas, sehingga perlu persiapan dan penggarapan serius untuk memaksimalkannya.

Selain itu, katanya, kedepan nelayan tidak hanya mengambil hasil dari laut.

Para nelayan, lanjut Sukraedi, juga harus membudidayakannya agar selalu tersedia.

“Sekarang sudah ada budidaya ikan Kerapu, di Tempilang ada Bandeng, ada juga udang, kedepan diharapkan ini terus dimaksimalkan potensi kelautan di Bangka Barat,” katanya.

Sukraedi menambahkan setiap tahun pihaknya selalu memberikan bantuan kepada nelayan, seperti alat tangkap, benih ikan dan sebagainya.

Dia berharap, para nelayan yang diundang mewakili kecamatannya dapat memaksimalkan kegiatan pendidikan hingga praktek yang diberikan.

Kades Bakit, Amrullah mengatakan pelatihan yang digelar di desa yang dipimpinnya sangat bermanfaat bagi nelayan, terutama untuk memaksimalkan potensi kelautan yang ada di wilayahnya.

Dia menyebut nelayan pun kini mulai melirik potensi kelautan, terlebih adanya dukungan dan bantuan yang diberikan dari pemerintah pusat dan Pemda Bangka Barat.

Sejak 2015 lalu, melalui pembinaan dari Dinas Perikanan dan kelautan, Amrullah mengatakan pihaknya mulai melakulan budidaya ikan air laut, yakni ikan Kerapu.

“Terimakasih kami ucapkan atas terlaksananya kegiatan pelatihan ini, sangat besar manfaatnya bagi kami para nelayan, apalagi kini di Desa Bakit mulai budidaya ikan air laut, mudah-mudahan kami bisa memaksimalkan potensi yang ada di wilayah kami,” ucap Amrullah. (adv/n7)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved