BangkaPosiana

Sosok Howard Carter, Arkeolog Inggris Penemu Makam Firaun Tutankhamun

Makam Firaun Tutankhamun merupakan salah satu makam raja Mesir kuno yang paling dikenal di seluruh dunia.

Sosok Howard Carter, Arkeolog Inggris Penemu Makam Firaun Tutankhamun
ENCYCLOPEDIA BRITTANICA
Howard Carter, arkeolog Inggris penemu makam firaun Tutankhamun. 

BANGKAPOS.COM - Makam Firaun Tutankhamun merupakan salah satu makam raja Mesir kuno yang paling dikenal di seluruh dunia. Dan sosok yang berjasa dalam penemuan makam itu adalah seorang arkeolog Inggris bernama Howard Carter.

Penemuan makam Tutankhamun pada 1922 menjadi salah satu penemuan terbesar dan karena dianggap sebagai penemuan makam paling lengkap yang pernah dilakukan pada masa itu.

Saat ditemukan pertama kali, makam Tutankhamun masih utuh dan tertutup rapat, jauh dari tangan-tangan jahil para penjarah makam yang merajalela kala itu.

Meski dikenal sebagai seorang arkeolog, namun ternyata Howard Carter pertama kali berkenalan dengan bidang arkeologi sebagai seniman.

Howard Carter lahir pada 9 Mei 1874 di Kensington, London, Inggris. Sang ayah, Samuel John Carter, dikenal sebagai seorang seniman sukses. Sedangkan ibunya bernama Martha Joyce.

Howard mengenal seni lukis sejak dini dari sang ayah. Semasa anak-anak, dia sempat tinggal bersama bibinya di Norfolk, di mana dia mendapat pendidikan lewat guru privat di rumah.

Menjadi Arkeolog

Saat menginjak usia 17 tahun, melalui koneksi ayahnya, Howard mendapat pekerjaan dari Dana Ekspolasi Mesir sebagai seniman untuk seorang arkeolog yang sedang melakukan pekerjaan penggalian kompleks makam Beni Hassan.

Howard bertugas menyalin gambar dan ukiran yang terdapat dalam benda-benda temuan arkeologi, hingga membuat sketsa dekorasi makam.

Pada 1892, dia bekerja di bawah pengawasan Flinders Petrie dan membantu selama satu musim di Amarna, ibu kota yang didirikan oleh Firaun Akhenaten.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved