Bayi Usia 1,5 Terjebak 48 Jam Dalam Sumur Bor, Begini Nasibnya

Bayi Usia 1,5 Tahun Diselamatkan Usai Terjebak 48 Jam Dalam Sumur Bor. Bocah bernama Nadim itu terjadi ke dalam sumur bor sedalam 18 meter

Bayi Usia 1,5 Terjebak 48 Jam Dalam Sumur Bor, Begini Nasibnya
(NDTV)
Tampilan kamera dengan pandangan malam menunjukan kondisi bayi Nadim yang terjebak dalam lubang sumur bor di distrik Hisar, Haryana, India, Jumat (22/3/2019). 

BANGKAPOS.COM - Seorang bayi berusia 1,5 tahun berhasil diselamatkan setelah sempat terjebak di dalam sebuah sumur bor selama sekitar 48 jam, Jumat (22/3/2019).

Bocah bernama Nadim itu terjadi ke dalam sumur bor sedalam 18 meter saat bermain di dekat rumahnya di desa Balsamand, distrik Hisar, negara bagian Haryana, India, pada Rabu (20/3/2019).

"Anak itu telah dapat dikeluarkan dari dalam sumur setelah operasi penyelamatan besar-besaran. Anak itu tampak dalam keadaan aman dan sudah dibawa menggunakan ambulans ke rumah sakit," kata Wakil Pengawas Polisi Hisar, Joginder Singh, dikutip NDTV.

Operasi penyelamatan berlangsung hingga hampir 48 jam untuk menyelamatkan anak itu yang terjatuh ke dalam sumur pada Rabu malam.

Menggunakan kamera dengan penglihatan malam, gerakan dan kondisi anak itu dipantau dari luar sumur.

Tim ahli dari Pasukan Tanggap Bencana Nasional (NDRF) bersama dengan Angkatan Darat dikerahkan untuk membantu operasi penyelamatan yang dilakukan otoritas sipil dan kepolisian.

Upaya penyelamatan diawali dengan penggalian menggunakan alat berat untuk menggali sumur paralel sekitar enam meter dari lubang sumur bor, dilanjutkan dengan membuat terowongan ke titik bayi itu terjebak.

Setelah dapat mencapai dekat dengan titik anak itu terjebak, penggalian dilakukan secara manual demi memastikan tidak ada tanah yang jatuh di atas bayi itu.

Selama proses penggalian, tabung oksigen diturunkan untuk membantu bayi itu bernapas. Selain itu jus dan biskuit juga dikirimkan untuk bayi itu.

Nadim dilaporkan terjatuh ke dalam lubang sumur bor saat hendak memetik buah bersama beberapa temannya.

Sang ayah yang bekerja sebagai buruh segera melapor kepada kepolisian setelah mengetahui putranya terperosok ke dalam lubang sumur.

Wakil Komisaris Polisi Distrik Hisar, Ashok Kumar Meena, menegaskan ada sanksi hukum kepada warga yang menggali lubang sumur tanpa izin dari departemen terkait.

Selain itu, survei akan dilakukan di distrik itu untuk mencari tahu ada tidaknya sumur bor lain yang dibiarkan terbuka dan berisiko menimbulkan insiden serupa. (*)

Editor: Herru W
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved