Advertorial

Desa Mislak Memotivasi Pasca Timah, BUMDes Kelola Kebut Sawit

Pemerintah Desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat kini mulai mengupayakan pembangunan desanya pasca tambang timah.

Desa Mislak Memotivasi Pasca Timah, BUMDes Kelola Kebut Sawit
Dok. Pemdes Mislak
Perangkat Desa Mislak 

BANGKAPOS.COM - Pemerintah Desa Mislak, Kecamatan Jebus, Kabupaten Bangka Barat kini mulai mengupayakan pembangunan desanya pasca tambang timah.

Melalui pemberdayaan, dengan memanfaatkan potensi desa dibidang pertanian dan perkebunan, masyarakat diajak sedikit demi sedikit untuk melihat peluang ini.

Kepala Desa Mislak, Yuzir menjelaskan melalui pemberdayaan desa dan kelompok tani hal ini akan dimulai.

Era kejayaan timah sudah hampir habis, kami berusaha mendorong masyarakat untuk bertani dan berkebun karena pada dasarnya mayoritas masyarakat Desa Mislak ini bertani dan berkebun," sebut Yuzir.

Yuzir mengaku untuk mendorong masyarakat memulai hal demikian tidaklah mudah, karena pada dasarnya harus mengubah pemahaman.

Selama ini masyarakat lebih cenderung mendapatkan sesuatu yang diinginkannya dengan relatif cepat, dengan menambang timah sehari sudah bisa menghasilkan, dan ini mungkin akan sedikit berbalik.

"Pelan-pelanlah memulainya, kami mendorong masyarakat bertani atau berkebun yang tidak terlalu lama memanfaatkan hasilnya, misalnya sekarang mereka sudah mulai menanam ubi kasesa," jelasnya.

Sebetulnya kata Yuzir, potensi desanya cukup melimpah, ada peternakan sapi hingga pengolahan kompos, kemudian perkebunan buah-buahan seperti durian, duku hingga jambu.

Selain itu untuk potensi pariwisata pemanfaatan bekas kolong timah, rencananya akan dimanfaatkan untuk budidaya ikan air tawar dan lain sebagainya.

"Kedepan kami juga akan mendorong PKK untuk memanfaatkan tanaman toga," ujarnya.

Halaman
123
Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved