Wagub DIY Ingin Kerjasama Babel dan DIY Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Wakil Gubernur Daerah Isitimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X menyambut baik kerjasama antara DIY dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Wagub DIY Ingin Kerjasama Babel dan DIY Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam X saat bertukar cendratama dengan Gubernur Babel, Erzaldi Rosman usai penandatangan kerjasama pembangunan daerah di Gedhong Pracimasana, Komplek Kepatihan Yogyakarta, Jum"at (22/3). 

BANGKAPOS.COM - Wakil Gubernur Daerah Isitimewa Yogyakarta, Sri Paduka Paku Alam X menyambut baik kerjasama antara DIY dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat, peningkatan daya saing daerah dan pemerataan keadilan bagi masyarakat.

"Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan yang disadasarkan pemerataan keadilan masyarakat dan menggali potensi daerah yang ada. Perlu political will yang kuat antar daerah untuk mengembangkan pemerintahan yang lebih maju dan akuntabel," katanya dalam penandatangan kesepakatan bersama antara Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta tentang kerjasama pembangunan daerah, di Gedhong Pracimasana, Komplek Kepatihan Yogyakarta, Jum"at (22/3/2019).

Ia meyampaikan, pihaknya akan membantu seoptimal mungkin dalam kerjasama ini, yang nantinya secara teknis akan dibahas dengan Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Dalam menjalankan roda pemerintahan, pemda DIY bersifat kalalistika yang diharapkan pengatur dan pengendali bukan sebagai pelaksanan langsung.

"Jika urusan dapat diselenggarakan oleh masyarakat maka dipersilahkan masyarakat untuk mengembangkan, menumbuhkan kreativitas dan inovasi sehingga ini tidak akan menimbulkan ketergantungan dengan pemerintah," katanya.

Disebutkannya, DIY dengan luasannya hanya 3100 km persegi yang jumlahnya hanya 0,17 persen dari luas wilayah di Indonesia mampu dikenal sebagai daerah pariwisata, budaya dan pendidikan.

"Dalam bidang pemerintahan memegang teguh dasar filosofi pembangunan daerah sebagi cita-cita luhur untuk menyempurnakan tata nilai kehidupan berdasarkan budaya daerah yang perlu dilestarikan. Budaya di Daerah DIY acauan dalam masyarakat baik internal dan eksternal," katanya.

Dalam penerapan pemerintahan good governance, Pemprov DIY baru saja meraih penilian Sakip AA dan menjadi yang terbaik.

"Dalam good governance DIY semua organisasi pemerintah dilakukan secara terarah dan terukur termasuk pembinaan. Belum lama ini dapar nilai AA terbaik nasional dalam penilaian hasil evaluasi Sakip 2018 dari kementerian PAN RB 2018," sebutnya.

Ia berharap, kerjasama dua Provinsi ini akan memberikan manfaat untuk kemajuan dua Provinsi yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Hal teknis dari kerjsama ini akan dibahas dengan OPD terkait berjalan dengan baik dan lancar dam menbawa hasil yang sesuai kita harapkan," tutupnya.

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved