Berita Pangkalpinang

Komunitas Marjinal Mendapatkan Sosialisasi Pemilu 2019

Belasan komunitas marjinal di Pangkalpinang mendapatkan sosialisasi Pemilu 2019 dari Relawan Demokrasi

Komunitas Marjinal Mendapatkan Sosialisasi Pemilu 2019
Bangkapos/Dedi Qurniawan
Sosialisasi pemilu yang disampaikan oleh relawan 

BANGKAPOS.COM-- Belasan komunitas marjinal di Pangkalpinang mendapatkan sosialisasi Pemilu 2019 dari Relawan Demokrasi dan KPU Pangkalpinang di ruang pertemuan Kantor Camat Rangkui, Jumat (22/3/2019).

Mereka mendapatkan pemahaman mengenai pentingnya Pemilu 2019, kontribusi mereka sebagai warga negara dalam memberikan suara.

Komunitas ini juga perlu dipastikan masuk dalam daftar pemilih dan berhak mengetahui visi-misi dan latar belakang para peserta pemilu, baik calon presiden, calon wakil presiden, calon legislatif di berbagai tingkatan pemilihan hingga calon anggota DPD RI.

Menurut Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih KPU Pangkalpinang, Ruslan sosialisasi kepada komunitas ini tak bisa dipandang sebelah mata pada pelaksanaan Pemilu 2019. Sebab, selama ini mereka dianggap kerap tersisihkan dalam pesta demokrasi.

"Padahal mereka punya semangat berpartisipasi mensukseskan Pemilu Serentak 2019," kata Ruslan di Kantor Camat Rangkui.

Komunitas yang telah mendapatkan pemahaman mengenai Pemilu 2019 juga diharapkan dapat meneruskan pemahaman mereka kepada orang-orang di lingkungan terdekatnya.

Mereka, kata Ruslan, juga memiliki hak ikut memantau pencoblosan suara dan menyaksikan penghitungan suara saat hari pencoblosan nanti hingga bisa melaporkan jika ada indikasi kecurangan melalui saksi-saksi yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Mereka punya hak untuk itu," ucap dia.

Target 80 Persen Partisipasi Pemilih di Pangkalpinang

Ruslan mengatakan, KPU RI menargetkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019 kali ini sebesar 77,5 persen. Di Pangkalpinang, pihaknya menargetkan partisipasi mencapai 80 persen.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved