BangkaPosiana

Mengenal Sosok Hang Tuah, Pahlawan dan Laksamana Malaka yang Mendunia

Sering sekali dijumpai nama Hang Tuah. Baik itu nama jalan, Universitas Hang Tuah yang ada di Surabaya, hingga nama klub Indonesia Basketball League.

Mengenal Sosok Hang Tuah, Pahlawan dan Laksamana Malaka yang Mendunia
via Wikipedia
Hang Tuah. 

BANGKAPOS.COM - Sering sekali dijumpai nama Hang Tuah. Baik itu nama jalan, Universitas Hang Tuah yang ada di Surabaya, hingga nama klub Indonesia Basketball League (IBL).

Nama Hang Tuah itu berasal dari nama ksatria yang hidup di Malaka pada abad ke-15, lebih tepatnya saat pemerintahan Sultan Mansur Shah.

Hang Tuah dikenal sebagai seorang laksamana kuat dan merupakan salah satu pakar bela diri pencak silat terhebat dalam sejarah Melayu.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari figur yang kisahnya bisa ditemukan dalam Hikayat Hang Tuah maupun Sejarah Melayu itu.

1. Masa Kecil
Hang Tuah diperkirakan lahir pada 1444 di Malaka (kini Malaysia), dan merupakan putra dari pasangan Hang Mahmud serta Dang Merdu Wati.

Saat kecil dia bekerja sebagai penebang di toko orangtuanya, di mana pemahaman akan konsep spiritual maupun jiwa petarungnya sudah mulai terlihat.

Ketika berusia 10 tahun, Hang Tuah belajar silat kepada seorang guru bernama Adi Putera yang tinggal di puncak gunung bersama empat sahabatnya, Hang Kasturi, Hang Jebat, Hang Lekir, dan Hang Lekiu.

Dengan bimbingan dari Adi Putera, Hang Tuah dan keempat temannya tersebut mendapatkan pelajaran mulai dari bela diri hingga meditasi.

Kisahnya mulai dikenal ketika sekelompok perompak melakukan mengamuk dan menyerang sebuah desa, menuai respon dari Bendahara (setara Perdana Menteri) Malaka Tun Perak.

Bersama para pengawalnya, Tun Perak berusaha untuk memadamkan serbuan itu. Namun, upaya tersebut malah membuatnya menjadi sasaran para bajak laut.

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved