BangkaPosiana

Mengenal Tokoh Dunia: Ruth Handler, Pencipta Boneka Barbie

Barbara Millicent Roberts, nama yang tampak asing bagi sebagian besar orang. Namun, sebenarnya itu merupakan nama lengkap boneka Barbie.

Mengenal Tokoh Dunia: Ruth Handler, Pencipta Boneka Barbie
AFP/MATT CAMPBELL
Ruth Handler, pencipta boneka Barbie. 

BANGKAPOS.COM - Barbara Millicent Roberts, nama yang tampak asing bagi sebagian besar orang. Namun, sebenarnya itu merupakan nama lengkap boneka Barbie.

Meski dikecam kelompok feminis, Barbie berhasil terjual di 150 negara. Penciptaan Barbie pertama kali digagas oleh Ruth Handler ketika melihat putrinya bermain dengan boneka kertas.

Nama Barbie terinspirasi dari nama putrinya, Barbara. Sementara putranya bernama Kenneth,  kemudian dipakai untuk menamai boneka "Barbie" versi pria, Ken.

Lalu, bagaimana kisah kehidupan Handler yang mencapai sukses melalui penemuan boneka Barbie yang mendunia?

Anak imigran

Handler lahir dengan nama lengkap Ruth Marianna Mockowicz pada 4 November 1916 di Denver, Colorado, Amerika Serikat. Dia merupakan bungsu dari 10 bersaudara yang lahir dari pasangan Jacob dan Ida Mosk.

Orangtua Handler merupakan imigran asal Polandia yang menuju AS dengan menumpang kapal uap. Ayahnya merupakan pandai besi yang melarikan diri dari Polandia untuk menghindari tugas di tentara Rusia.

Meski kelak dia akan dikenal sebagai pencipta Barbie, namun Handler kecil tidak suka bermain dengan boneka.

Dia justru mempelajari manfaat dari pekerjaan, seperti mendapatkan tip saat bekerja di toko obat orangtuanya.

Pada usia 16 tahun, Handler bertemu dengan calon suaminya, Isadore Elliot Handler. Tiga tahun kemudian, dia pindah ke Los Angeles.

Pasangan itu bersama-sama menempuh pendidikan di Art Center School of Design. Kemudian, mereka kembali ke Denver dan menikah di Park Lane Hotel pada 1938.

Ilustrasi SHUTTERSTOCK Ilustrasi
Halaman
1234
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved