Dindikbud Sudah Rampungkan Kesiapan UNBK SMP April Mendatang

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT.PLN dan PT.Telkom sebagai pusat jaringan dan listrik yang mendukung kelancaran ujian

Dindikbud Sudah Rampungkan Kesiapan UNBK SMP April Mendatang
Bangkapos/irakurniati
Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Pangkalpinang, Eti Fahriaty 

BANGKAPOS.COM - Jelang pelaksanaan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) tingkat SMP (Sekolah menengah pertama) pada 22 April mendatang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pangkalpinang sudah rampung melakukan sejumlah kesiapan, mulai dari membedah kisi-kisi soal ujian oleh KKG (kelompok kerja guru) untuk memperoleh indikator.

Selain itu juga kesiapan sarana prasarana perangkat elektronik yang sudah dimiliki semua sekolah. Nantinya ada 3482 siswa SMP yang akan melaksanakan UNBK selama empat hari terhitung 22 April.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT.PLN dan PT.Telkom sebagai pusat jaringan dan listrik yang mendukung kelancaran ujian.

"Ini kan agenda tahunan jadi semuanya sudah dipersiapkan sejak lama. Mulai dari kisi-kisi soal. Kalau soal ujian UNBK sepenuhnya dari pusat. Untuk jaringan dan listrik itu semua sudah ditangani ya, hanya saja yang tidak bisa dihindari itu masalah faktor cuaca pada hari H," kata kepala Dindikbud Pangkalpinang, Eti Fahriaty, Senin (25/3/2019).

Eti menuturkan, sarana prasarana berupa peralatan elektronik yang diberikan pemerintah, agar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh sekolah.

Dia mengatakan, komputer tidak hanya dipergunakan pada saat UNBK saja, melainkan harus rutin, mengingat banyaknya program dari kementerian pendidikan yang mengharuskan menggunakan peralatan elektronik.

"Saya sudah imbau ke sekolah-sekolah persiapkan komputernya. Komputer itu pun harus dipakai rutin, jangan untuk UNBK saja. Karena program kementerian di sekolah itu banyak sekali, seperti program rumah belajar, dan itu penggunaannya pakai komputer. Jadi manfaatkan pemberian dari pemerintah dengan sebaiknya." kata dia.

Dia pun mengimbau kepada orangtua, sebelum pelaksanaan UNBK agar mendampingi anak-anak mereka dalam proses belajar, sehingga dapat memperoleh nilai yang memuaskan. Selain itu, ia mengimbau agar mengurangi penggunaan gadget yang dipakai untuk bermain game.

(Bangkapos/irakurniati)

Penulis: Ira Kurniati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved