Rudianto Tjen Nilai Bangunan Tua Bisa Dijadikan Spot Wisata Berbasis Budaya

Rudi mengharapkan warisan Klenteng Tet Che di Belinyu menjadi salah satu objek wisata religi dan budaya yang menarik minat wisatawan

Rudianto Tjen Nilai Bangunan Tua Bisa Dijadikan Spot Wisata Berbasis Budaya
Bangka Pos
Rudianto Tjen bersama warga Babel 

BANGKAPOS.COM -- Calon Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Bangka Belitung (Babel) Nomor Urut 1, Rudianto Tjen mendorong kemajuan pariwisata Babel dengan memanfaatkan potensi wisata religi yang ada.

Salah satunya, Rudi mengharapkan warisan Klenteng Tet Che di Belinyu, Kabupaten Bangka menjadi salah satu objek wisata religi dan budaya yang menarik minat wisatawan berkunjung ke Babel.

“Mudah-mudahan ini jadi tempat budaya yang kalau misalnya pariwisata berkembang di Belinyu. Ini adalah salah satu tujuan wisata,” kata Rudianto Tjen.

Rudi menilai klenteng tersebut sudah layak menjadi situs sejarah. Secara, tempat tersebut dibangun pada tahun 1896. Artinya, klenteng tersebut sudah berdiri sejak 123 tahun silam.

Ditambah lagi, Rudi mengatakan bila beberapa bagian bangunan masih orisinal, belum pernah mengalami renovasi maupun penggantian. Hal ini, kata Rudi bisa menjadi daya tarik wisatawan.

“Ini adalah kelenteng paling tua di Belinyu dan juga mungkin salah satu yang tertua di Bangka Belitung ini. Klenteng ini dibangun pada tahun 1896. Berarti ini kan sudah satu abad lebih, ini sudah tua sekali,” ungkap Rudi.

“Kita lihat artistik sekali ini, teman-teman juga cerita kalau kayu-kayunya di dalam sejak dibangun tidak pernah diganti. Ini luar biasa,” lanjutnya.

Rudi berharap, segenap masyarakat Belinyu bisa menjaga dan merawat Klenteng Tet Che agar tetap megah dan terus digunakan sebagai tempat ibadah di masa yang akan datang.

“Saya harapkan masyarakat Belinyu bisa menjaga dan merawat ini. Supaya di waktu yang akan datang bisa tetap megah seperti ini. Ini warisan budaya bagi kita,” pungkasnya.

Penulis: ibnu Taufik juwariyanto
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved