Berita Sungailiat

Waspada 519 Orang Penderita TBC Ditemukan di Kabupaten Bangka Tahun 2018

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Anggia Murni mengatakan penderita sakit TBC sebanyak 519.

Waspada 519 Orang Penderita TBC Ditemukan di Kabupaten Bangka Tahun 2018
Bangkapos/Riki
Kabid P2PL, Dinas Kesehatan, Kabupaten Bangka Anggia Murni.

BANGKAPOS.COM-- Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Anggia Murni mengatakan penderita sakit Tuberkulosis (TBC) sudah ditemukan 49 persen, atau sebanyak 519 orang di Kabupaten Bangka pada tahun 2018.

Menurutnya, angka itu masih kurang, karena penjelasannya semakin tinggi penemuan maka sebagai tinggi upaya pengobatan dilakukan agar penyakit ini tidak menular.

"Sementara untuk temuan kasus pada 2017 dibawah 47 persen, ada peningkatkan penemuan kasus pada tahun ini, makanya banyak hal perlu di optimalkan lagi, kegiatan di Puskesmas harus rajin mencari penderita sakit ini," jelas Anggia Murni, Senin (25/3/2019) kepada wartawan. 

Ia menjelaskan, semakin tinggi penemuan maka semakin berhasil, suatu daerah dalam upaya memberantas penyakit TBC, terutama di wilayah Kabupaten Bangka yang merupakan bagian negara Indonesia beriklim tropis.

"Makin tinggi penemuan maka makin berhasil, karena kemungkinan siapapun bisa terkena sakit ini baik anak remaja dewasa, orang tua, tetapi jangan merasa malu harus mengakui, harus segera di obati biar tidak menular, jangan setelah kronis baru diobati itu sudah susah," kata Anggia.

Ia mengharapkan untuk menuntaskan kasus ini peran semua pihak sangat dibutuhkan, dari Kepala Desa hingga RT, diharapkan bisa berperan dan melaporkan ke petugas medis bahwa masyarakatnya ada yang terserang TBC untuk segera diobati.

Penulis: Riki Pratama
Editor: nurhayati
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved