Berita Belitung

Bangun Terminal Baru dan Runway Bandara HAS Hanandjoeddin, PT AP II Siapkan Rp 100 Miliar

PT Angkasa Pura (AP) II, sudah menyiapkan alokasi khusus untuk pembangunan Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Anggaran sebesar Rp 100 miliar

Bangun Terminal Baru dan Runway Bandara HAS Hanandjoeddin, PT AP II Siapkan Rp 100 Miliar
Pos Belitung/Disa Aryandi
Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin. 

BANGKAPOS.COM  - PT Angkasa Pura (AP) II, sudah menyiapkan alokasi khusus untuk pembangunan Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan. Anggaran sebesar Rp 100 miliar sudah dipersiapkan pada 2019 ini. Rencana pembangunan Bandara Internasional akan dilakukan pada pertengahan 2019.

Kementerian Keuangan, kini sedang memproses penghitungan aset Bandara H AS Hanandjoeddin tersebut. Setelah proses penghitungan itu selesai, maka akan dilakukan serah terima kepada PT AP II. Penghitungan aset ini memerlukan waktu 30 hari.

"Pak Menteri Perhubungan minta itu (penghitungan aset) jangan sampai lewat bulan Mei. Sekarang sudah berjalan, jadi kalau 30 hari, tanggal 30 maret selesai dan perkiraan tanggal 4 April sudah serah terima," kata Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin kepada posbelitung.co, Selasa (26/3/2019).

Rencana pembangunan yang dilakukan oleh PT AP II, pembuatan terminal baru dibagian seberang terminal Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan saat ini. Anggaran Rp 100 miliar tersebut, PT AP II akan dipergunakan juga untuk melakukan penebalan terhadap runway atau landasan pesawat.

"Prioritas pembangunannya satu gedung itu dulu dengan runway. Soalnya Bandara Belitung ini, terminal nya punya topik yang harus diprioritaskan. Soalnya bangunan lama dan sudah terbatas kapasitasnya, dan memang tidak nyaman pada saat jam sibuk," ujarnya.

Untuk penebalan runway harus ditingkatkan sebagai bentuk menangani pesawat berukuran besar. Agar setiap landing pewasat tidak mengalami permasalahan. Sebab untuk runway yang sekarang ini dimiliki jenis PNC nya masih terbilang rendah.

"Termasuk penambahan fasilitas pendukung bandara lainnya. Kalau misalkan verifikasi selesai tanggal 30 maret besok, dan serah terima ke AP II cepat, langsung besoknya kami proses untuk pembangunan. Sekarang tinggal menunggu berapa besar nilai aset itu," ucapnya.

Pembangunan terhadap pengembangan Bandara H AS Hanandjoeddin, untuk terminal dan segala macam, diperkirakan akan memakan waktu 14 - 16 bulan dari hitungan awal pembangunan. Sehingga apabila diprediksi, operasional tersebut akan berlangsung di semester 4 tahun 2020.

"Untuk kapasitas terminal penumpang yang kami bangun itu, 2 juta orang pertahun. Ukuran nya sekitar enam kali lipat dari bentuk terminal yang sekarang dan itu sudah sangat memadai," bebernya.

(Pos Belitung/Disa Aryandi)

Penulis: Disa Aryandi
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved