BangkaPosiana

Biografi Tokoh Dunia: Geronimo, Pejuang Suku Apache yang Sempat Jadi Tahanan Perang

Geronimo atau Gooyale (berarti orang yang menguap) merupakan pemimpin sekaligus dukun dari kelompok Bedonkohe, Suku Apache.

Biografi Tokoh Dunia: Geronimo, Pejuang Suku Apache yang Sempat Jadi Tahanan Perang
via Biography
Geronimo. Pejuang terakhir dari Suku Apache. 

- Geronimo atau Gooyale (berarti orang yang menguap) merupakan pemimpin sekaligus dukun dari kelompok Bedonkohe, Suku Apache.

Dia dikenal karena memimpin pengikutnya dalam mempertahankan wilayah mereka melawan kampanye militer Meksiko dan Amerika Serikat ( AS) di Negara Bagian Chihuahua serta Sonora.

Di masa tuanya, Geronimo menjadi selebriti. Namun, dia meninggal dalam keadaan sebagai tahanan perang dan tak diizinkan kembali ke kampung halamannya.

Namanya menjadi terkenal, dan digunakan antara lain Resimen Infantri Parasut ke-51 AS, serta teriakan "Geronimo" untuk mengusir rasa takut.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut merupakan biografi dari pria yang disebut sebagai pejuang terakhir Suku Apache tersebut.

1. Masa Kecil
Geronimo diyakini lahir pada Juni 1829 di Arizpe, Sonora, dekat anak sungai Turkey, lokasi yang kini masuk ke dalam bagian Meksiko.

Kakeknya, Mahko, merupakan kepala kelompok Bedonkohe Apache. Sejak kecil, Geronimo dibesarkan berdasarkan tata cara dan nilai-nilai Apache.

Dia merupakan anggota dari kelompok terkecil. Dengan jumlah 8.000 orang, Apache tidak hanya menerima ancaman dari AS maupun Meksiko. Namun juga suku Navajo dan Comanches.

Setelah ayahnya meninggal, ibunya membawa Geronimo untuk hidup bersama kelompok Tchihende, dan pada umur 17 tahun, dia menikah dengan perempuan bernama Alope.

Pada 5 Maret 1858, 400 tentara Meksiko di bawah pimpinan Kolonel Jose Maria Carrasco menyerang kamp Geronimo ekat Janos (Kas-ki-yeh) di saat dia tengah berdagang.

Halaman
1234
Editor: ediyusmanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved