Berita Bangka Tengah

Dominan Kena Bercak Tinta Percetakan, 803 Surat Suara di Bangka Tengah Rusak

Sampai dengan hari kedua proses sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilihan umum 2019 telah ditemukan 803 lembar surat suara yang rusak.

Dominan Kena Bercak Tinta Percetakan, 803 Surat Suara di Bangka Tengah Rusak
Bangka Pos/Jhoni Kurniawan
Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi menunjukkan Surat Suara yang Sobek di GSG Bateng. Selasa (26/3/2019) 

BANGKAPOS.COM  - Sampai dengan hari kedua proses sortir dan pelipatan surat suara untuk pemilihan umum 2019 telah ditemukan 803 lembar surat suara yang rusak.

Proses sortir dan pelipatan surat suara telah dimulai oleh KPU Bangka Tengah bersama sejumlah masyarakat yang bertugas melipat dan beberapa pihak yang mengawasi sejak Senin kemarin (25/3/2019) dan masih berlanjut hingga hari ini, Selasa (26/3/2019) di Gedung Serba Guna Bangka Tengah.

Ketua KPU Bangka Tengah, Rusdi ketika ditemui di GSG menyampaikan proses pelipatan surat suara hingga hari ini masih berjalan dan ini adalah hari kedua untuk proses pelipatan.

"Untuk surat suara yang rusak sampai dengan hari ini jumlah surat suara yang rusak adalah sebanyak 803 lembar", sebut Rusdi.

Surat suara yang rusak tersebut menurut Rusdi telah sesuai dengan apa yang diamanatkan oleh Surat Edaran KPU RI No 448/PP.10.2 - SD/07/KPU/III/2019 Perihal Kriteria Surat Suara Tidak Layak dan Rusak/Cacat Serta Kriteria Surat Suara Cacat Cetak Tapi Masih Layak dan Dapat Digunakan.

Isi sebagian surat edaran yaitu surat suara dapat dikatakan rusak jika hasil cetak surat suara kotor atau tidak merata, permukaan hasil cetak surat suara kabur, surat suara kusut/mengkerut, surat suara sobek di bagian tengah atau bagian pinggir.

Terdapat bercak atau noda besar, hasil cetak judul surat suara kabur, Logo KPU tidak jelas, terdapat bercak atau noda besar pada kolom nomor urut, foto, dan nama pasangan calon juga menjadi indikator surat suara dikatakan rusak.

Adapun kerusakan surat suara yang terjadi di Bangka Tengah disebutkan Rusdi didominasi oleh terdapatnya bercak atau noda bekas tinta percetakan, baik itu di halaman kertas, nama calon bahkan pada nomor urut dan juga logo partai.

Selain itu Rusdi juga menyampaikan surat suara keperluan pemilu 2019 di Bangka Tengah juga cukup banyak yang dalam keadaan sobek. Kondisi sobek di tengah halaman surat ataupun sobek di tepi surat suara. Bahkan beberapa lembar ditemukan memiliki kode warna yang bukan seharusnya.

Lebih lanjut Rusdi menyampaikan sampai dihari kedua pelipatan, jumlah surat suara yang telah dilipat adalah sebanyak 156 Koli dan masih 45 Koli Surat Suara DPRD Kabupaten/Kota yang masih menunggu antrean untuk di bongkar dan dilipat.

(Bangka Pos/Jhoni Kurniawan)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved