Berita Pangkalpinang

Gubernur Ajak Babar Kembangkan Wisata Heritage

ia baru saja mendapat pesan Whats App yang mengabarkan bahwa akan ada kapal cruise ingin merapat di Babar.

Gubernur Ajak Babar Kembangkan Wisata Heritage
Bangka Pos/Krisyanidayati
Ketua DPD Gerindra Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman mengajak Kabupaten Bangka Barat (Babar) untuk mengembangkan negeri Sejiran Setason itu, khususnya Muntok, sebagai kawasan kota heritage.

Ini disampaikan Erzaldi saat memberikan sambutan pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Markus sebagai Bupati Babar sisa masa jabatan 2016-2021, di Gedung Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Selasa (26/3/2019).

Menurut orang nomor satu di Babel itu, Muntok harus difokuskan sebagai heritage dan ini merupakan bagian transformasi Babel dari pertambangan ke pariwisata.

Muntok sebagai kawasan heritage akan memiliki nilai jual tersendiri bagi Babel jika dikembangkan dengan sejumlah inovasi.

"Saya yakin Sumber Daya Manusia (SDM) di Bangka Barat mampu melakukan itu," kata Erzaldi. Menurutnya ini adalah tantangan bagi Markus sebagai Bupati Babar, selain menyiapkan SDM di Babar.

Erzaldi kemudian bercerita bahwa ia baru saja mendapat pesan Whats App yang mengabarkan bahwa akan ada kapal cruise ingin merapat di Babar.

Dia berharap Markus dan Dinas Pariwisata Babar bisa memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan Muntok sebagai kawasan heritage.

"Menyambut ini tidak serta merta mahal saya kira. Sambut dengan adat istiadat, dengan tari, dengan berpantun, sekalipun mereka Bule, minimal kasih tahu terjemahannya, ajaklah mereka keliling heritage.

Menumbing, Pesanggrahan, rumah mayor, rumah bupati, Taman Wilhemnia, ajak ke mana saja, termasuk ke pasar yang sederhana, kalau perlu siapkan kopi dan sebagainya. Tetapi jangan lupa, ajak mereka berbelanja menolong masysramt. Ini perlu strategi," tutur Erzaldi.

Menurut Erzaldi, pariwisata Muntok, sebagai kawasan heritage harus dibangkitkan dan dikembangkan.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved