Berita Pangkalpinang

Pangan Tak Aman Bisa Sebabkan Keracunan hingga Kanker

Jika makanan yang dikonsumsi anak-anak tidak layak akan menimbulkan dampak jangka panjang dan jangka pendek.

Pangan Tak Aman Bisa Sebabkan Keracunan hingga Kanker
Bangka Pos/Krisyanidayati
Kepala Dinas Kesehatan Babel, Mulyono Susanto. 

BANGKAPOS.COM - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Mulyono Susanto mengatakan Pangan Jajajanan Anak Sekolah (PJAS) di Babel masih terbilang aman.

"Setau saya sampai hari ini belum ada laporan, jajanan sudah cukup sehat di kantin. Kita juga punya program higenis sanitasi bagi makanan anak sekolah yang memenuhi standar kesehatan, stikerisasi higenis sanitasi," katanya.

Ia menyebutkan, jika makanan yang dikonsumsi anak-anak tidak layak akan menimbulkan dampak jangka panjang dan jangka pendek.

"Jangka pendek bisa menimbulkan keracunan, diare. Jangka panjangnya ini yang berbahaya karena tidak langsung, lama-lama numpuk dan bisa menyebabkan kanker," tambahnya.

Pegawai dinas kesehatan Babel, Meydiharto memaparkan produk makanan yang menjamur di lingkungan sekolah ialah pangan yang diminati dan menjadi trend dikalangan siswa.

"Produk pangan yang diminati itu yang akan menjamur di lingkungan sekolah. Keamanan pangan mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologi, kimia dan fisik lainnya. Di Babel untuk KLB keracunan masakan rumah tangga KLB keracunan pangan ada dua aspek jasa boga dan masakan rumah tangga yang sering terjadi di Babel. Untuk jajanan anak sekolah nol ," katanya. (BANGKAPOS.COM/Krisyanidayati)

(Bangka Pos/Krisyanidayati)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Ardhina Trisila Sakti
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved