Cuaca Ekstrim

Seluruh Kabupaten Kota di Babel Dilanda Cuaca Esktrim, BMKG Ingatkan Waspada!

Cuaca ekstrim seperti hujan lebat dan angin kencang yang terjadi di Kota Pangkalpinang beberapa hari terakhir ini membuat warga ketakutan

Seluruh Kabupaten Kota di Babel Dilanda Cuaca Esktrim, BMKG Ingatkan Waspada!
TRIBUN MEDAN/Riski Cahyadi
Ilustrasi cuaca ekstrem hujan lebat disertai angin kencang dan kilat/petir 

BANGKAPOS.COM - Cuaca ekstrim seperti hujan lebat dan angin kencang yang terjadi di Kota Pangkalpinang beberapa hari terakhir ini membuat warga ketakutan dan resah. Terlebih angin kencang disertai petir yang datang tiba-tiba dikhawatirkan bisa mengancam jiwa.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Klas I Pangkalpinang, Kurniaji mengungkapkan hujan lebat dan angin kencang ini terjadi dikarenakan terdapat sirkulasi angin tertutup di Kalimantan Barat dan sirkulasi di Samudera Hindia barat daya Sumatera (level 925/850).

Ia menjelaskan, kondisi cuaca ekstrim berupa hujan lebat, petir dan angin kencang akan berlangsung selama tiga hari, mulai dari tanggal 26 -28 Maret 2019.

Kurniaji menyebutkan, wilayah yang diprediksi akan dilanda cuaca ektrim adalah wilayah Bangka Tengah, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, dan kota Pangkalpinang.

Untuk itu, BMKG mengimbau warga untuk waspada dan berhati-hati dalam menjalankan aktivitas. Seperti sedia payung/jas hujan saat bepergian.

Hati-hati dalam berkendara dikarenakan kondisi jalan akan licin, hindari tempat terbuka (lapangan, sawah, laut, dan lain sebagainya) ketika terjadi petir atau kilat, hindari tempat tinggi apabila terjadi petir atau kilat, dan jangan berlindung di bawah pohon apabila terjadi angin kencang dan petir.

(Bangkapos/Muhammad Rizki/R1)

Penulis: Maggang (mg)
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved